JAKARTA— PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan komentar terkait pasar mobil hatchback di Indonesia. Menurut mereka, jenis mobil tersebut cenderung lebih disukai oleh kalangan dewasa muda. 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra menjelaskan bahwa target pasar hatchback mirip dengan city car, yaitu konsumen yang menginginkan mobil dua baris dengan dimensi kompak.
“Tapi, hatchback menyasar pada konsumen yang menginginkan kendaraan dengan fitur yang lebih canggih, dengan mesin 1.500 cc atau lebih, dan memiliki ruang kabin yang lebih luas. Umumnya, konsumen hatchback adalah kalangan dewasa muda yang tinggal di perkotaan dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi,” kata dia seperti dikutip TEMPO.
Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), segmen mobil hatchback mampu menguasai sekitar tujuh persen pangsa pasar mobil penumpang di Indonesia sejak lima tahun terakhir.
Berbeda dengan sedan, ciri khas dari hatchback adalah bagasi yang menyatu dengan ruang penumpang baris kedua. Dimensi yang dimilikinya pun umumnya sedikit lebih kecil dari jenis sport utility vehicle (SUV) dan mobil jenis serbaguna (multipurpose vehicle, MPV). Hal ini yang membuat model hatchback lebih irit bahan bakar.
Dalam hal interior, hatchback pada umumnya memiliki tampilan yang sporty. Sedangkan tampilan eksteriornya memiliki desain aerodinamis dan modern. Model mobil ini juga disemakan beberapa fitur canggih untuk memberikan sensasi berkendara yang nyaman dan aman. (*)