JAKARTA— Memasuki 2016, Gabungan Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO) kembali menghadirkan pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. GIIAS 2016 akan berlangsung pada 11 – 21 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.
GIIAS sudah mendapat akreditasi atau pengakuan internasional dari Organisasi Industri Otomotif Dunia (OICA). Pada 2015, GIIAS berhasil menyedot perhatian dan minat masyarakat. Itu tampak dari tingginya antusiasme publik pada saat pameran GIIAS 2015 dan rangkaian pameran GIIAS di Jakarta, Makassar, dan Surabaya.
Sukses tersebut membuat GAIKINDO terus memperkuat komitmennya untuk mengukuhkan pameran otomotif Indonesia ke panggung otomotif dunia. Ketua Umum GAIKINDO Sudirman MR mengatakan sangat bangga karena GIIAS yang merupakan satu-satunya pameran mobil milik GAIKINDO terbukti memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi industri otomotif di Indonesia melalui rangkaian pameran GIIAS sepanjang 2015.
“Di tahun kedua ini kami fokus untuk mengukuhkan pameran otomotif GIIAS ke panggung otomotif dunia. Indonesia sudah mulai mencuri perhatian di Asia maupun Dunia sebagai pasar otomotif yang potensial,” katanya.
Sudirman melanjutkan, target jangka panjang yang ingin diraih ialah menjadikan GIIAS sebagai salah satu pameran otomotif terbesar di Asia yang diakui dunia.
Sepanjang tahun 2015, rangkaian pameran mobil GIIAS mencatat penjualan 21,658 unit mobil dan transaksi Rp 6,3 triliun. Pencapaian yang dicatat GIIAS juga ikut memberikan kontribusi terhadap penjualan mobil di Indonesia.
GAIKINDO mencatat kembali naiknya penjualan tingkat wholesale, setelah sempat turun selama semester pertama 2015 dibanding dengan periode yang sama 2014. Pada periode Agustus–November 2015 penjualan rata – rata di atas 90.000 unit perbulan. Dengan begitu, penjualan wholesales periode Januari–Desember 2015 tercatat mencapai 1.013.291 unit.
Meski turun sekitar 1,6% dari pencapaian di akhir 2014, pencapaian 2015 ini menembus prediksi GAIKINDO yang mentargetkan di angka 1 juta unit. “Pencapaian GIIAS menjadi bukti bahwa pameran otomotif merupakan salah satu ajang yang paling dinanti dan digemari oleh konsumen Indonesia. Dengan kerja keras dari lebih kurang 22,000 pekerja yang terlibat langsung pada saat pameran, keberhasilan ini tentu memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan industri otomotif Indonesia dan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. GIIAS 2015 juga mendorong pertumbuhan ekonomi industri di sekitar tempat pameran seperti hotel, restoran, dan industri transportasi,” kata Sudirman.
Sementara itu, Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara pameran GIIAS melihat tingginya potensi pameran otomotif bergengsi ini untuk tetap menjadi sorotan publik sekaligus menjadi pilihan utama bagi para pemegang merek untuk menampilkan unit terbaru mereka. “GIIAS merupakan wadah agen pemegang merek (APM) dan penggemar otomotif yang menawarkan pengalaman menyeluruh melalui pameran. Ada produk dan teknologi baru hingga hiburan yang membuat konsumen dapat ikut berpartisipasi,” katanya.
Tahun ini GIIAS akan menambah luasan area pameran GIIAS 2016 sebesar 5,000 meter persegi, setara dengan pameran otomotif berkelas dunia. GIIAS juga menyiapkan rangkaian pameran otomotif terbaik untuk memenuhi permintaan APM dan konsumen otomotif di kota besar lainnya seperti Makassar, Surabaya dan Pekanbaru yang masuk ke dalam daftar kota yang dilirik untuk pelaksanaan rangkaian GIIAS 2016. (*)