Berita Economy & Industry

Produsen Mobil Percaya Diri Penjualan Mobil Nasional segera Pulih

KONTAN— Produsen otomotif tetap optimistis di tengah dinamika pasar mobil global dan nasional. Mereka melihat ada perbaikan kinerja penjualan mobil baru di Indonesia pada Oktober 2024. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan whole sales (pabrik ke dealer) mobil nasional tumbuh 6,2 persen month to month (MtM) menjadi 77.191 unit pada Oktober 2024. Ini merupakan hasil penjualan whole sales mobil nasional tertinggi sepanjang 2024 berjalan. 

GAIKINDO mencatat penjualan retail (dealer ke konsumen) ikut naik 1,5 persen MtM menjadi 73.443 unit pada Oktober 2024.  Walau demikian, dari Januari-Oktober 2024, penjualan whole sales mobil nasional turun 15 persen year on year(YoY) menjadi 710.406 unit. Penjualan retail mobil nasional juga terkoreksi 11,5 persen YoY menjadi 730.637 unit hingga Oktober 2024.

Ketua I GAIKINDO Jongkie Sugiarto mengatakan, peningkatan penjualan mobil nasional pada bulan Oktober 2024 dipengaruhi oleh potensi berlanjutnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Ini membuat konsumen kembali yakin untuk membeli mobil baru. Ditambah lagi, muncul optimisme kondisi ekonomi akan membaik seiring pergantian pemerintahan baru.

GAIKINDO memperkirakan tren positif ini akan berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Permintaan mobil baru diprediksi tumbuh seiring maraknya program diskon pembelian dan layanan jelang akhir tahun ini. “Kami harapkan proyeksi penjualan mobil nasional 850 ribu unit bisa tercapai,” kata Jongkie, Selasa 12 November 2024.

PT Toyota Astra Motor (TAM) masih menjadi agen pemegang merek (APM) terlaris dengan capaian penjualan whole sales235.331 unit hingga Oktober 2024. Khusus bulan Oktober lalu, penjualan whole sales Toyota mencapai 27.030 unit atau naik 6,2 persen MtM dibanding September 2024.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kondisi pasar otomotif cukup positif pada bulan Oktober 2024, bertepatan dengan dimulainya periode pemerintahan baru. Avanza dan Veloz masih menjadi kontributor utama penjualan Toyota hingga Oktober 2024 yakni sebanyak 55 ribu unit, diikuti oleh Kijang Innova 52 ribu unit, dan Calya 32.000 unit. “Kami harap kenaikan penjualan ini bisa tetap konsisten sampai akhir tahun nanti,” kata Anton.

Daihatsu naik penjualan whole sales-nya 11,20 persen MtM menjadi 14.096 unit pada Oktober 2024. Dalam 10 bulan tahun 2024, penjualan whole sales Daihatsu mencapai 139.945 unit. Marketing & Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Opeartion Tri Mulyono mengatakan, kenaikan penjualan Daihatsu turut ditopang oleh pemulihan pasar otomotif secara keseluruhan.

Sigra menjadi model dengan penjualan terbesar bagi Daihatsu 33 persen hingga Oktober 2024. Disusul oleh Gran Max Pick Up (PU) 25 persen. Daihatsu berusaha terus meningkatkan penjualannya melalui berbagai program yang memudahkan calon konsumen, terutama pembeli mobil pertama dalam mendapatkan produk pilihannya. 

Sebagai contoh, saat ini Daihatsu menggelar program Daifest 2024 yang berisi promo-promo diskon dan kemudahan layanan purnajual yang berlaku sampai akhir tahun nanti. “Kami berharap dapat terus berkontribusi positif seiring pertumbuhan pasar otomotif nasional,” kata dia. (*)