JAKARTA— Pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 menjadi ajang para produsen mobil untuk pamer model terbaru, juga untuk menjual produknya. Salah satu agen pemegang merek (APM) mobil yang berhasil mencatatkan puluhan ribu angka pemesanan mobil di GIIAS 2022 ini adalah Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).
“Alhamdulillah di luar ekspektasi. Penjualan Xpander termasuk yang baru (New Xpander Cross) itu termasuk 80 persen penjualan surat pemesanan kendaraan (SPK) di GIIAS. Hampir 3.500 (unit) lah kemarin,” kata Intan Vidiasari (Deputy General Manager Marketing Communication & PR Division MMKSI) pada Selasa 23 Agustus 2022 seperti dikutip DETIK.
Jumlah SPK yang didapatkan oleh Mitsubishi di GIIAS kali ini meningkat dari tahun sebelumnya. “Tahun lalu sekitar 2.500-an, kira-kira. Masih lumayan ketat pandeminya di November 2022,” kata Intan.
Bersamaaan dengan gelaran GIIAS 2021 lalu, pemerintah tengah mengadakan program keringan PPnBM untuk meningkatkan angka penjualan mobil baru. Kini program tersebut sudah usai, namun menariknya Mitsubishi justru mendapat lebih banyak angka SPK dari GIIAS tahun lalu.
“Tahun kemarin kita berpegangan sama (keringanan) PPnBM, maksudnya pada saat program PPnBM sudah selesai pasti semua brand sempat cemas, gimana nih pasarnya?’, tapi ternyata dengan kompetisi yang makin berat justru ternyata bikin orang jadi lebih banyak opsi untuk menentukan mana sih MPV yang jadi pilihan paling baik buat mereka,” kata Intan.
Ternyata banyaknya model mobil serbaguna (multipurpose vehicle, MPV) baru yang meluncur di pasaran membuat peta penjualan Mitsubishi Xpander kian kuat. Selain itu, Mitsubishi juga mengatakan tidak adanya program keringanan PPnBM di GIIAS 2022 ini nyatanya tak membuat penjualan mereka turun drastis, malah semakin meningkat.
“Dan alhamdulillah Xpander masih tetap bisa penjualannya tetap bagus tanpa (keringanan) PPnBM,” kata Intan. (*)