Berita

Merek Jepang Kuasai 98 Persen Penjualan Mobil Indonesia

JAKARTA— Kendati bukan yang pertama hadir, merek-merek asal Jepang tumbuh sangat besar di Indonesia. Penguasaan pasar penjualan mobil merek Jepang di Indonesia pada tahun lalu besarnya 98 persen menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Dari 38 merek yang menjadi anggota Gaikindo, 15 di antaranya berasal dari Jepang. Kelompok Jepang memang jumlahnya terbesar di antara merek lain asal Korea Selatan, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, India, dan China.

Pada 2017, Indonesia menjual 1.079.534 unit mobil sedangkan total seluruh merek Jepang membukukan penjualan 1.060.236 unit. Lebih tepatnya, merek Jepang menguasai 98,21 persen pasar mobil di Indonesia pada 2017.

Kompas mencatat, kontributor terbesar merek Jepang tentu saja sudah kita kenal semua, yaitu Toyota (34 persen), Honda (17 persen), Daihatsu (17 persen), Suzuki (10 persen), dan Mitsubishi (7 persen).

Kurang dari 2 persen pasar Indonesia diperebutkan merek asal negara lain. Pembagiannya, Jerman (0,5 persen), China (0,5 persen), Amerika Serikat (0,34 persen), Korea Selatan (0,2 persen), dan India (0,1 persen). (*)

Daftar penjualan mobil berdasarkan asal merek:

Jepang 1.060.236 unit (98,21 persen)

China 5.418 unit (0,5 persen)

Jerman 5.417 unit (0,5 persen)

Amerika Serikat 3.617 unit (0,34 persen)

Korea Selatan 2.108 unit (0,2 persen)

Swedia 1.116 unit (0,1 persen)

India 1.065 unit (0,1 persen)

Prancis 545 unit (0,05 persen)

Total penjualan Indonesia: 1.079.534 unit