JAKARTA— Kecelakaan yang melibatkan truk sering terjadi. Salah satu sebebnya adalah kurangnya ketrampilan teknik mengemudi sopir. Untuk mengantisipasi ini, PT Putra Rajawali Kencana Tbk ( Pura Trans) menggandeng PT Hino Motors Sales Indonesia mengadakan pelatihan teknik mengemudi pintar alias Smart Driving Training.
Pelatihan ini diberikan bagi para sopir, dimulai dari pengenalan kendaraan hingga perbaikan ringan. Tujuannya, agar setelah mengikuti pelatihan ini para sopir bisa meningkatkan kinerja dalam pengendalian kendaraan terkait keselamatan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.
Corporate Secretary PT Putra Rajawali Kencana Tbk Ratna Hidayati mengatakan, sangat penting untuk memiliki sopir yang andal dalam usaha transportasi. “Keberlangsungan usaha transportasi salah satunya dukungan sopir yang andal. Sangat penting melatih sopir kami agar bisa berkeselamatan dalam berkendara,” kata Ratna dalam siaran resmi yang dikutip Kompas 10 Juni 2020.
Ratna berharap, melalui pelatihan ini sopir mampu memahami bagaimana berkendara berkesalamatan dan memerhatikan kepentingan orang lain. Pasalnya, keselamatan itu hak seluruh pihak yang terlibat, mulai dari sopir itu sendiri, pemilik muatan yang diangkut, juga orang lain yang berpapasan atau dilintasi saat berkendara.
Hino Training Center Division Head Pieter Andre mengatakan, pengadaan pelatihan untuk sopir merupakan dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam mengendarai unit truk, terutama fokus pada keselamatan berkendara dan efisiensi. “Ke depannya, Hino Academy akan memberikan support pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, tidak hanya hard skill, namun juga peningkatan soft skill dan attitude driver,” kata Pieter.
Ia juga menjelaskan, seperti pelatihan yang diberikan untuk Pura Trans berfokus pada pengetahuan dan diskusi mengenai kendala-kendala yang dialami di lapangan.
Pelatihan dengan cara virtual atau online tersebut meliputi Safety Driving, Proper Driving, Economical Driving, dan Emergency Driving yang bertujuan mengakselerasi kemampuan para pengemudi Hino dalam meningkatkan keselamatan dan efisiensi mengemudi. Selain itu, Hino Academy juga menyelenggarakan pelatihan untuk mekanik, seperti program pelatihan terkait dengan perawatan, perbaikan kendaraan, mesin, overhaul, dan chassis overhaul.
Irwan Supriyono (Senior Excecutive Officer Service & Spart Part HMSI) mengatakan pelatihan kepada pengemudi dan mekanik tersebut merupakan tanggung jawab dan layanan penuh kepada para pelanggan setianya. “Untuk itu kami saat ini menyediakan pelatihan secara online melalui MS Team, Zoom dan aplikasi lainnya dengan tajuk Program Hino Academy di Training Center kami,” katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip Bisnis.
Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo menuturkan bahwa perusahaan yang bermarkas di Tokyo, Jepang ini sangat peduli pentingnya keselamatan dan keamanan dalam berkendara. “Dengan dukungan produk yang handal berbasis quality, durability, reliability (QDR), perawatan yang mumpuni dan pelatihan yang berkesinambungan menjadi bukti layanan Total Support Hino,” katanya.
Santiko menambahkan ekosistem tersebut akan terus diberikan supaya bisnis konsumen mampu berjalan karena didukung armada yang efisien serta mudah dalam perawatan. Pelatihan Hino Academy secara daring sudah dilakukan sejak akhir Mei 2020 untuk pelanggan Hino, seperti PT Rajawali Transport, PT Lookman Djaja, PT Puninar Logistic, PT Seino Indonesia Logistic, PT Buana Centra Swakarsa Logistic dan beberapa pelanggan lainnya. (*)