SURABAYA– Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melanjutkan keberhasilan GIIAS 2016 ke Surabaya. Yakni pada GIIAS Surabaya Auto Show 28 September – 2 Oktober 2016 di Grand City Convex, Surabaya.
“Komitmen GAIKINDO lewat rangkaian GIIAS adalah memberikan dorongan positif untuk pertumbuhan industri otomotif Indonesia dan GIIAS 2016 baik di Makassar dan juga GIIAS 2016 di BSD City. Kami berharap dapat membawa semangat yang sama untuk pertumbuhan industri di Jawa Timur, khususnya Surabaya,” kata Sekertaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara.
Beberapa tahun terakhir, Jawa Timur, khususnya kota Surabaya memiliki potensi bagi industri otomotif. Letak geografis membuat Surabaya menjadi penghubung atau perantara untuk mendistribusikan barang-barang, terutama barang elektronik dan peralatan otomotif bagi wilayah Indonesia timur. “Jawa Timur memiliki potensi yang sangat besar yang akan menjadi dorongan bagi Industri otomotif secara nasional. Oleh karena itu kami yakin pelaksanaan GIIAS Surabaya Auto Show tahun ini akan kembali memberikan stimulus untuk pasar di Jawa Timur,” kata Kukuh.
Data Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa pada kuartal pertama 2016, pertumbuhan ekonomi provinsi Jawa Timur masih di atas pertumbuhan nasional yaitu 5,3% dibandingkan 4,9% angka pertumbuhan nasional. Gubernur Jawa Timur sedang mendorong industrialisasi di daerah. Daerah yang dijadikan daerah industri akan memerlukan peran otomotif yang cukup besar untuk mendukung geraknya roda industri.
GIIAS Surabaya digelar di Grand City Convex Surabaya dengan total luas area pameran mencapai 8.038 meter persegi, dan area parkir 40.000 meter persegi. Ia menjadi miniatur GIIAS 2016 yang berlangsung di BSD City sebelumnya, berbagai produk terkini dari peserta yang diperkenalkan di GIIAS akan diboyong ke GIIAS Surabaya Auto Show 2016.
GIIAS Surabaya Auto Show 2016 menampilkan 13 brand Agen Pemegang Merek (APM) Indonesia, yang meliputi 11 passenger cars yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki dan Toyota. Serta 2 peserta commercial cars yakni Isuzu dan Mitsubishi Fuso. (*)