Berita Economy & Industry

Gen Z Jadi Pasar Potensial Industri Otomotif 

KOMPAS— Warga masyarakat dari kelompok Generasi (Gen) Z menjadi pasar potensial bagi pelaku usaha di sektor otomotif nasional. Ini seiring dengan populasi mereka yang mencapai 26,5 persen dari total penduduk Indonesia sekitar 279,8 juta jiwa (Woldometer, Juli 2024). Sehingga para pelaku bisnis otomotif harus melakukan strategi bisnis bebeda. 

Industri otomotif tak lepas dari gaya hidup (lifestyle) dan perkembangan teknologi. Inovasi produk dan layanan menjadi salah satu kunci dalam menggaet pasar strategis ini. Generasi Z merupakan kelompok umur yang melek digital (digital native), lahir pada rentang 1995-2010. Tak heran, banyak pabrikan otomotif baik kendaraan maupun industri pendukungnya berlomba melakukan inovasi. 

Market Development General Manager PT EMLI Rommy Averdy mengungkapkan, Generasi Z menjadi pasar potensial serta salah satu penentu merek mana yang terbaik dan sukses di pasar, baik di masa kini maupun di masa mendatang. “Oleh karena itu, kami terus berupaya selalu menghadirkan produk dan layanan yang semakin nyaman dalam memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari (generasi Z),” katanya dalam keterangan tertulis Jumat 5 Juli 2024.

Dia menuturkan dengan Federal Oil pihaknya berusaha melakukan pendekatan terhadap Gen Z melalui berbagai channel yang digunakan anak muda. Salah satunya layanan online yang setiap saat mengalami perkembangan dinamis. “Pola komunikasi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan, serta ketertarikan anak muda saat ini dibutuhkan dalam menjaga eksistensi dalam mendapatkan informasi mengenai produk dan merek,” kata Rommy.