Berita Berita APM

Daihatsu Gran Max Fokus Membidik Pasar Pengusaha

GAIKINDO— Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)) berperan penting bagi ekonomi Indonesia sebagai penggerak ekonomi nasional. Pemerintah Indonesia menyebutkan, sektor UMKM juga menyerap hingga sekitar 97 peersen dari total tenaga kerja dan menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Melihat pentingnya kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional, Daihatsu menghadirkan model Gran Max. Ini untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha sebagai Sahabat Bisnis dalam melancarkan kegiatan ekonomi mereka. Gran Max terbukti handal secara kualitas, daya angkut muatan yang maksimal, harga kompetitif di kelasnya, serta kemudahan dalam perawatan dan suku cadang.

Gran Max sukses menjadi pilihan utama para pelaku usaha di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan lebih dari 800 ribu pelaku bisnis mempercayakan pilihan mereka terhadap Gran Max sejak diluncurkan perdana pada 2007 hingga saat ini di berbagai bidang usaha, khususnya UMKM dengan penggunaan bisnis mulai dari logistik, komoditas, shuttle car, kuliner, industri kreatif, dan beragam bisnis lainnya.

Para pebisnis juga tetap tenang dengan kemudahan perawatan Gran Max karena dapat menikmati layanan Servis Gratis Paling Komplit meliputi, Gratis Jasa, Part, dan Oli selama 2 tahun atau 30 ribu kilometer (mana yang lebih dulu tercapai); Servis Cepat dan hemat waktu oleh teknisi ahlinya Gran Max di seluruh bengkel Astra Daihatsu; Servis kendaraan dimana saja dengan dukungan layanan 289 unit Daihatsu Mobile Service (DMS); serta jaringan servis sebanyak 172 bengkel resmi Daihatsu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selama tahun 2023 lalu, penjualan Gran Max bahkan menempati urutan pertama menjadi pilihan pengusahaIndonesia di segmen pasar otomotif nasional, baik dari Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 43.896 unit atau sekitar 49 persen dari segmen pick up low, dan Gran Max mini bus (MB) sebanyak 12.444 unit atau sebesar 85 persen dari segmen pasar low semi commercial.

Tak berbeda dengan tahun lalu, hingga Mei 2024 Gran Max PU bahkan terus mendapat kepercayaan dan menjadi pilihan utama para pelaku bisnis dan berkontribusi sekitar 56 persen dari segmen pick up low dengan total penjualan 17.747 unit; dan Gran Max MB sebesar 91 persen dari segmen pasar low semi commercial dengan total penjualan 6.032 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para pelaku usaha yang telah memilih Gran Max sebagai Sahabat Bisnis mereka. Kami berharap, GranMax dapat menjadi solusi dan pilihan utama para pebisnis dalammembantu memperlancar usahanya baik yang baru memulai bisnis, maupun mengembangkan bisnisnya,” kata Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor.

Secara spesifikasi, Gran Max memiliki dua pilihan mesin dengan kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Khusus pada varian mesin 1.500 cc, Gran Max menggunakan mesin baru 1.5L 2NR-VE Dual VVT-I memiliki performa yang bertenaga sehingga memudahkan pengusaha dalam membawa beragam muatan secara maksimal, sekaligus tetap irit bahan bakar.

Gran Max 1.5L juga menyematkan ukuran roda berdiameter 14 inci, sehingga area ground clearance atau ketinggian dari tanah yang bertambah lebih tinggi 15 mili meter yang dapat membantu performa berkendara tetap aman dan nyaman saat melewati genangan air.

Khusus pada beberapa varian 1.5L, Gran Max juga dilengkapi dengan EPS (Electronic Power Steering) agar lebih ringan ketika bermanuver saat berkendara dalam menjalankan operasional bisnis sehari-hari, dan juga mudah dalam perawatan. Pada bagian Interior, Gran Max juga memiliki desain stir kemudi terbaru yang memudahkan operasional berkendara, serta tambahan cup holder dan dashboard storage untuk kemudahan peletakan barang yang serbaguna.

Gran Max tersedia dalam berbagai tipe, mulai dari Gran Max Pick Up dengan harga mulai dari Rp 161 juta; disusul tipe Gran Max Blind Van mulai dari Rp 178 juta; serta Gran Max Mini Bus mulai dari Rp 204 juta (OTR Jakarta). Harga dapat berbeda tergantung varian yang dipiliha, lokasi, dan wilayah. (*)