JAKARTA— Pabrik ban Bridgestone Corporation merayakan hari jadi ke-90 tahun yang jatuh pada 1 Maret 2021. Perayaan hari jadi ke-90 di tahun ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan perusahaan menuju 100 tahun kehadiran Bridgestone di bisnis ban global.
Merayakan hari jadinya, Bridgestone membuat halaman khusus selebrasi 90th Anniversary halaman pada situs resminya yang antara lain memuat perjalanan sejarah dan DNA Bridgestone sebagai sebuah industri ban global. “Bridgestone telah melewati berbagai macam tantangan, bahkan menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian sekalipun. Semua membuat kami belajar, bangkit serta tumbuh menjadi perusahan yang lebih kuat,” kata Shuichi Ishibashi Global CEO dan Representative Executive Officer Bridgestone dalam pernyataan resminya yang dikutip Tribunnews Selasa 2 Maret 2021.
Shuichi menyatakan dirinya memberikan apreasiasi tertinggi terhadap seluruh pelanggan, mitra bisnis, anggota masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung Bridgestone dalam perjalanan panjang bisnis Bridgestone selama ini. “Kami akan terus menempatkan keberlanjutan sebagai sebuah prinsip dasar dari manajemen sebagaimana kami melewati 90 tahun ini dan terus berupaya berkembang menjadi perusahaan yang berkelanjutan bersama dengan masyarakat dan pelanggan,” katanya.
Untuk seluruh kegiatan perayaan hari jadi Bridgestone kesembilan ini, perusahaan mengangkat tema ’90th and beyond’untuk membina kebersamaan di antara karyawan.
Berikut beberapa inisiatif yang dilakukan di perayaan Hari Jadi Bridgestone ke 90:
1. Bikin Logo khusus
Bridgestone membuat logo resmi dalam rangka memperingati hari jadi ke-90 tahun. Logo ini mengedepankan tonggak sejarah selama 90 tahun dan menyongsong masa depan. Logo ini juga menggambarkan komitmen Bridgestone untuk terus mengejar inovasi dan kemajuan yang cepat dengan terus menghargai hubungan dengan para pemangku kepentingan.
2. Bikin situs Peringatan Hari Jadi ke 90 tahun
Sebuah situs online dibuat khusus untuk peringatan hari jadi Bridgestone yang ke-90 tahun. Situs ini merupakan bagian dari situs resmi milik Bridgestone dan akan menampilan sejarah, visi dan DNA Bridgestone.
Bridgestone didirikan oleh Shojiro Ishibashi di Jepang tahun 1931. Dia sangat yakin bahwa bisnis yang sekedar mencari keuntungan dan tidak melayani masyarakat tidak akan pernah berkembang. Tapi bisnis yang berkontribusi pada masyarakat dan negaranyalah yang akan menjadi perusahaan yang menguntungkan selamanya.
Tahun 1968, Bridgestone menetapkan misi perusahaan yaitu Menyumbang Masyarakat dengan Mutu Tertinggi. Saat ini Bridgestone memiliki total 140 ribu karyawan di seluruh dunia. Di Indonesia, Bridgestone sudah hadir selama 45 tahun lebih dengan produk ban yang dipasok untuk pasar domestik dan ekspor melalui dua pabrik berlokasi di Bekasi dan Karawang (Jawa Barat). (*)