JAKARTA— BMW Group Indonesia perkuat posisinya sebagai pemimpin di segmen otomotif premium Indonesia dengan mencatatkan penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Brand BMW juga meraih posisi teratas di antara seluruh brand premium. BMW Group Indonesia menghasilkan pertumbuhan penjualan sebesar 21 persen menjadi 3.102 unit mobil BMW dan MINI pada tahun 2021, yang terdiri dari 2.433 (+17 persen) unit BMW dan 669 (+39 persen) unit MINI.
Secara global, BMW Group membukukan pertumbuhan penjualan year-on-year (yoy) sebesar 8,4 persen di tahun 2021 lalu, dengan total 2.521.525 merek BMW, MINI, dan Rolls-Royce dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia. Penjualan BMW mencapai rekor tertinggi baru tahun 2021 yang lalu yaitu 2.213.795 unit (+9,1 persen). Di 2021, BMW memimpin segmen premium global dengan mengungguli semua kompetitornya.
BMW Group juga menggandakan penjualan kendaraan full listrik pada tahun 2021 menjadi 103.855 unit (+133,2 persen). Ramesh Divyanathan (President Director BMW Group Indonesia mengatakan, BMW Group Indonesia) menyatakan bangga atas capaian pertumbuhan penjualan pada tahun 2021. Berkat program penawaran BMW dan MINI yang menarik serta strategi yang berorientasi pada pelanggan, BMW Group berhasil meningkatkan penjualan dan tetap menjadi perusahaan otomotif premium terdepan di Indonesia pada tahun 2021.
Ia menambahkan, BMW memimpin kompetisi di segmen kendaraan premium Indonesia dan mengungguli semua kompetitornya. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan strategis BMW yang memprioritaskan pelanggan dan berupaya menyediakan layanan hybrid yang nyaman serta berbagai model yang beragam telah membuahkan hasil nyata. “BMW Group Indonesia juga buktikan posisinya sebagai pelopor dalam interaksi virtual dan online. Kami juga meluncurkan sebanyak lebih dari 28 model BMW dan MINI baru sepanjang 2021,” dia dalam siaran pers seperti dikutip KONTAN, Selasa 18 Januari 2022.
Sebagai pelopor digitalisasi di industri otomotif Indonesia, BMW menawarkan pengalaman online lebih dari sekadar penjualan kendaraan, namun juga menyediakan layanan premium yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Sejalan dengan itu, BMW Indonesia telah menyiapkan berbagai solusi digital yang selalu siap melayani melalui Contactless Service-nya. Solusi digital ini sangat penting dalam menyediakan perjalanan kepemilikan kendaraan yang memuaskan, baik online maupun offline.
Bahkan BMW Indonesia adalah satu-satunya brand otomotif premium di Indonesia yang memiliki layanan digital seperti Contactless Service. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan perawatan dan servis kendaraan dengan mengikuti beberapa langkah mudah. Pelanggan juga dapat menerima update dan informasi detail mengenai kondisi kendaraan BMW miliknya melalui video informatif yang dikirimkan oleh tim servis yang menangani.
Ramesh berterimakasih pada seluruh pelanggan, mitra dealer yang berkomitmen, media, pemerintah, dan karyawan yang berdedikasi memberikan dukungan yang luar biasa pada BMW Group Indonesia. Seluruh pihak ini berkontribusi besar untuk menjadikan BMW Group Indonesia sebagai produsen kendaraan premium nomor satu di Indonesia. “Melanjutkan sukses tahun lalu, kami akan terus menghadirkan kendaraan premium terbaik termasuk model kendaraan listrik dan layanan berorientasi pelanggan untuk lebih meningkatkan capaian penjualan di tahun 2022,” kata dia.
Pasar otomotif Indonesia meningkat secara positif sepanjang 2021 berkat dukungan pemerintah dalam insentif PPnBM. GAIKINDO mencatatkan pertumbuhan domestik penjualan kendaraan secara retail hampir mencapai 50 persen dibanding tahun 2020, dan segmen premium tumbuh lebih dari 9%. Sejalan dengan hal ini, penjualan BMW naik 17 persen pada tahun 2021 menjadi 2.433 unit dibanding 2.082 pada tahun sebelumnya.
BMW berhasil menambah pangsa pasar secara signifikan dibanding kompetitornya. Performa yang solid ini antara lain berkat varian model BMW Sports Activity Vehicle (SAV) yang sangat popular di kalangan pelanggan Indonesia. BMW tetap menjadi pemimpin di segmen SAV/SUV premium di Indonesia. Secara keseluruhan, model BMW SAV berkontribusi 54 persen terhadap total penjualan.
Model BMW yang terkemuka di segmen ini adalah BMW X1, BMW X3, dan BMW X5. Pada tahun 2021 BMW X1 menyumbang 27 persen dari total penjualan, BMW Seri 3 (25 persen), dan BMW Seri 5 (11 persen). Dari peluncuran model M3 dan M4 Coupe Competition di Indonesia, BMW Indonesia meraih hasil gemilang untuk mendominasi segmen sportscar di Indonesia. Kedua model tersebut menerima respons yang luar biasa dengan seluruh unit yang dialokasikan untuk Indonesia terjual.
Pada tahun 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles memecahkan rekor sepanjang masa dengan 132 unit, melebihi rekor tertinggi sebelumnya yaitu 89 unit pada tahun 2015. Ketiga model BMW M dengan kontribusi teratas pada 2021 adalah BMW M2 Competition (30 persen), BMW M4 Competition Coupè (18 persen), dan BMW M3 Competition (14 persen). Secara global BMW M GmbH sekali lagi mencatat rekor penjualan tertinggi, dengan total 163.542 kendaraan BMW M (+13,4 persen) dikirimkan ke pelanggan.
Penjualan MINI
BMW Group juga fokus pada penjualan brand MINI di tahun 2021. Dengan 13 model baru yang diluncurkan pada tahun 2021, termasuk empat model baru yang menampilkan “edisi terbatas”, MINI menggarisbawahi komitmennya untuk menghadirkan produk-produk menarik yang dijiwai dengan individualitas yang tak tertandingi.
Pada tahun 2021, MINI Indonesia meluncurkan jajaran lengkap New MINI sebagai bagian tahap selanjutnya dari evolusi MINI. Dengan perombakan intensif untuk MINI 3-Door, MINI 5-Door, dan MINI Cabrio, produsen kendaraan premium asal Inggris ini kian meningkatkan keseruan berkendara, desain ekspresif, dan gaya individual yang terkait dengan model-model tersebut. Ketiga model MINI dengan kontribusi teratas pada 2021 adalah MINI Countryman rakitan lokal (38 persen), lalu diikuti oleh MINI 3-Door (35 persen), dan MINI 5-Door (10 persen).
Di samping itu, memasuki tahun 2022, BMW Group Indonesia akan menambah satu dealer fully-fledged baru dan satu BMW Approved Bodyshop ke dalam 25 gerai BMW dan MINI yang sudah hadir, sehingga dapat memberikan akses yang lebih mudah dan mendekatkan diri pada pelanggan. Kepercayaan mitra dealer BMW Group Indonesia terhadap brand BMW dan MINI semakin kuat dan dibuktikan dengan investasi berkelanjutan dalam meningkatkan jumlah fasilitas dan memperluas jaringan dealer. (*)