BLOOMBERG— Total penjualan seluruh merek mobil Grup PT Astra Internasional Tbk (ASII) sepanjang November 2024 mencapai 39.408 unit. Ada penurunan 14,02 persen secara tahunan (year-on-year, YoY). Dengan angka tersebut, Grup Astra masih menjadi penguasa pangsa pasar otomotif dengan mengambil 56 persen dari total penjualan mobil di Indonesia pada November yang sebanyak 74.347 unit.
Sejak Januari hingga November, Astra mengakumulasi total penjualan sebanyak 440.806 unit. Artinya, Astra menguasai 54 persen dari total penjualan mobil di Indonesia pada periode yang sama, yang sebanyak 784.788 unit.
“Kami terus berkomitmen untuk berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional melalui inovasi dan pengembangan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra dalam keterangannya, Kamis 12 Desember 2024.
Ia berharap, kelompok perusahaan yang telah beridir lebih dari 70 tahun di Indonesia tersebut dapat mampu terus berperan aktif dalam memperkuat industri otomotif Indonesia dan memberikan dampak positif bagi perekonomian.
Sepanjang November 2024, Toyota menjadi merek dengan penjualan terbanyak mencapai 26.984 unit, meski mengalami penurunan 0,17 persen secara bulanan. Di posisi kedua dan ketiga juga dipegang oleh Daihatsu dan Honda yang masing-masing mengakumulasi penjualan sebanyak 10.030 dan 8.397 unit.
Sementara, Mitsubishi Motor kini berada diposisi keempat dengan mengakumulasi penjualan sebanyak 6.050 unit, mengalahkan Suzuki yang kini berada di posisi ke lima sebanyak 5.605 unit.
Secara kumulatif, total penjualan mobil nasonal sepanjang November turun 3,7 persen menjadi sebanyak 74.347 unit dari sebelumnya yang sebanyak 77.226 unit. Secara tahunan, penjualan juga anjlok 11,9 persen. Dan sejak Januari-November 2024 penjualan juga tercatat sebanyak 784.788 unit, yang juga mengalami penurunan 14,7 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 920.518 unit. (*)