Berita Economy & Industry

Giliran Bandung Menjadi Tuan Rumah Pameran Otomotif GIIAS 2024

GAIKINDO— Pameran otomtoif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2024 mulai bergulir Rabu, 25 September 2024. GIIAS Bandung 2024 juga mendapat dukungan dari Superchallenge yang hadir sebagai sponsor, memberikan berbagai aktivitas menarik sepanjang pameran. GIIAS Bandung berlangsung dari 25 hingga 29 September 2024 pada pukul 11.00-21.00 WIB di weekdays (Rabu-Jumat) dan 10.00-21.00 WIB di weekends (Sabtu-Minggu) di Sudirman Grand Ballroom. 

Tiket masuk GIIAS Bandung dijual secara online melalui aplikasi Auto360 dengan harga sebesar Rp 15 ribu untuk tiket weekdays (Rabu-Jumat) dan Rp 25 ribu untuk tiket weekends. Untuk pembelian tiket secara onsite di loket tiket pada area pameran dengan harga tiket weekdays (Rabu-Jumat) sebesar Rp 20 ribu dan weekends (Sabtu-Minggu) sebesar Rp 30 ribu. 

Program spesial  akan hadir untuk para pengujung dalam rangka merayakan ulang tahun kota Bandung, yang jatuh pada hari pertama penyelenggaraan pameran GIIAS Bandung 2024, Rabu 25 September 2024, khusus dihari ini, para pengujung yang berulang tahun akan dapat menikmati GIIAS Bandung secara gratis.

Pameran dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI Putu Juli Ardika, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI Risyapudin Nursin, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, serta Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus Mereka didampingi oleh Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi serta Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Rizwan Alamsyah.

Berlangsung selama lima hari hingga Minggu 29 September 2024 di Sudirman Grand Ballroom, GIIAS Bandung 2024menghadirkan serangkaian acara , model, dan teknologi otomotif terbaru. Yohannes Nangoi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pameran otomotif di daerah-daerah strategis sebagai bagian dari komitmen GAIKINDO untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional.

GIIAS Bandung 2024 menjadi ajang untuk memperkenalkan inovasi dan model terbaru, juga sebagai dorongan bagi pertumbuhan industri otomotif di provinsi Jawa Barat,” katanya. 

Menurutnya, semangat pasar harus terus dijaga oleh karena itu keberhasilan pameran otomotif menjadi salah satu sinyal positif pertumbuhan industri. Ia juga menyampaikan apresiasi dari industri otomotif kepada pemerintah, baik Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, dan pemerintah Provinsi Jawa Barat atas dukungan penuhnya kepada industri otomotif Indonesia.

Sementara itu, Putu Juli Ardika membenarkan posisi pentingnya penyelenggaraan rangkaian seri pameran GIIAS. GIIAS Bandung 2024 merupakan bukti komitmen industri otomotif Indonesia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor alat transportasi dan kendaraan bermotor. “Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan teknologi otomotif yang ramah lingkungan, termasuk teknologi kendaraan listrik dan hybrid, yang menjadi bagian penting dari upaya mencapai target Net Zero Emission Indonesia pada tahun 2060,” kata Putu Juli.

Risyapudin Nursin juga menekankan pentingnya mendukung peningkatan industri otomotif yang ramah lingkungan. Sektor transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan konektivitas yang terintegrasi di seluruh penjuru negeri. Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat senantiasa mendukung setiap upaya peningkatan standar keselamatan, inovasi teknologi, serta efisiensi energi yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dan memperbaiki kualitas udara. “Berbagai kebijakan telah kami tetapkan untuk mendorong pengembangan industri otomotif yang selamat, aman, berkelanjutan, serta mampu bersaing secara global,” katanya.

Bey Machmudin menyampaikan apresiasinya kepada GAIKINDO yang telah kembali menyelenggarakan GIIAS Bandung 2024 untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif Jawa Barat. Ia menyatakan rasa terimakasih kepada GAIKINDO yang kembali menyelenggarakan GIIAS di Bandung. Pameran ini menunjukkan kemajuan teknologi otomotif yang semakin ramah lingkungan dan efisien, serta menjadi kesempatan penting bagi anak-anak sekolah menengah kejuruan (SMK) dan mahasiswa untuk memperluas wawasan teknologi khususnya dalam bidang otomotif. 

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung penuh, termasuk memberikan diskon 10 persen untuk BBNKB dan PKB selama pameran ini. Semoga acara ini dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif di Jawa Barat,” katanya.

Area pamran seluas lebih dari delapan ribu meter persegi mendorong peserta tampil kreatif dan maksimal. Total 19 merek kendaraan global berpartisipasi pada GIIAS Bandung 2024, memboyong model dan produk terbaru dan terbaiknya khusus untuk masyarakat Jawa Barat. Termasuk 13 merek kendaraan penumpang yaitu BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion,hadir dengan memamerkan lini kendaraan serta produk otomotif terbaru dengan teknologi terkini yang dimiliki oleh berbagai merek besar di industri otomotif. Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling.  Serta dari kendaraan komersial Toyota Commercial akan turut hadir membawa kendaraan komersial unggulannya.  

Sementara, dari kendaraan roda dua, lima merek turut hadir di GIIAS Bandung 2024 yaitu Alva, Benelli, Keeway, Royal Enfield, dan Scomadi, selain itu GIIAS Bandung 2024 juga didukung merek-merek dari berbagai lini industri pendukung otomotif.  (*)