Berita Economy & Industry

GIIAS Surabaya 2024, Jawa Timur Pasar Potensial Industri Otomotif Nasional

RRI— Kota Surabaya (Jawa Timur) menjadi pasar potensial bagi industri otomotif nasional. Inilah yang menjadikan Surabaya menjadi kota kedua dalam serangkaian pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Kukuh Kumara (Sekretaris Umum GAIKINDO) Selasa 13 Agustus 2024 mengatakan Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, memiliki daya tarik tersendiri dalam pasar otomotif nasional.

“Jadi kali ini kita hadir kembali. Tadi disampaikan di GIIAS Tangerang, semacam miniaturnya GIIAS yang baru saja selesai bulan lalu. Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar. Sehingga akan kita bawa acara GIIAS ini ke Surabaya sebagai daerah yang sangat potensial bagi industri kendaraan bermotor. Jadi kali ini kita ada peningkatan dari GIIAS Surabaya. Kalau biasanya, kita menggunakan lahan kurang lebih 9.000 meter persegi, dari tahun 2024 ini ditingkatkan menjadi kurang lebih 13 ribu meter persegi. Ini akan makin banyak produk-produk yang akan dipamerkan, dalam pameran GIIAS the Series di Surabaya,” kata Kukuh Kumara.

Sementara itu, Sri Vista Limbong (Project Director GIIAS) mengatakan pameran otomotif GIIAS Seri Surabayamenampilkan produk terbaru yang bisa dilihat dan dicoba langsung oleh pengunjung. “Seperti halnya kemarin di GIIAS BSD Tangerang, memang yang menjadi daya tarik dari GIIAS ini, adalah test drive. Pengunjung bisa langsung merasakan teknologi terbaru. Produk-produk yang di launching di BSD Tangerang kemarin, akan dibawa ke Surabaya. Masyarakat Surabaya, yang datang ke GIIAS bisa langsung mencoba,” kata Vista Limbong.

GIIAS Surabaya berlangsung mulai 28 Agustus hingga 1 September 2024 bertempat di Grand City Convex, Surabaya.  Jawa Timur tercatat sebagai salah satu provinsi diposisi 3 besar dalam pencapaian sebaran otomotif nasional pada periode Januari-April 2024, dengan kontribusi hampir 10 persen dari total capaian di Indonesia. (*)