Economy & Industry

Grup Toyota dan Grup VW masih Memimpin Pasar Mobil Dunia Tahun 2024

Foto: OTO

DETIK— Produsen mobil asal Jepang Toyota masih menjadi raja otomotif dunia 2024. Itu tampak dari jumlah penjualan mobil selama semester pertama tahun 2024. Grup Toyota— terdiri dari Toyota, Lexus, Daihatsu, dan Hino— lagi-lagi mengalahkan grup Volkswagen.

Toyota melaporkan penjualan mobil grup Toyota mencapai 5,16 juta unit di seluruh dunia pada paro pertama tahun 2024. Kyodo News melaporkan, angka tersebut mengalahkan rivalnya dari Jerman, Volkswagen AG. Ini membuat Toyota mempertahankan posisi teratasnya dalam penjualan global selama lima tahun berturut-turut.

Angka penjualan mobil grup Toyota pada semester pertama tahun 2024 sebenarnya turun. Penjualan Toyota tahun ini turun 4,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Soalnya, grup Toyota sempat melakukan penghentian produksi yang disebabkan oleh serangkaian masalah skandal dan penjualan yang lesu di China.

Penjualan grup Toyota di Jepang turun 32 persen menjadi 823.595 unit. Ini karena Daihatsu menghentikan sementara produksinya. Toyota juga menghentikan beberapa produksi di Jepang selama periode setengah tahun tersebut.

Di sisi lain, penjualan grup Toyota di luar Jepang naik 3,1 persen menjadi 4,34 juta kendaraan. Hal itu berkat tingginya permintaan di Amerika Utara dan Eropa. Produsen mobil tersebut melihat peningkatan sebesar 14,6 persen di Amerika Utara untuk merek Toyota dan Lexus karena mobil hybrid-nya semakin dipandang sebagai alternatif yang lebih baik dibandingkan kendaraan listrik yang mahal. Eropa membukukan kenaikan 10,2 persen, terangkat oleh tingginya penjualan Corolla dan RAV4 versi hybrid.

Namun Toyota sedang mengalami tantangan berat di China. Penjualan Toyota di China turun 10,8 persen. Persaingan harga makin ketat, seiring makin banyaknya produsen mobil lokal yang menambah jajaran kendaraan listrik dengan harga terjangkau. Alhasil, Toyota membukukan penjualan pada semester pertama sebanyak 5,16 juta unit. Itu terdiri dari 4,89 juta merek Toyota dan Lexus, 210.910 unit Daihatsu dan 59.273 unit Hino.

Meski begitu, penjualan grup Toyota masih teratas. Dibanding Volkswagen AG, penjualan Toyota masih lebih banyak. Volkswagen menjual 4,35 juta kendaraan pada periode yang sama. Angka tersebut turun dari 4,37 juta pada tahun sebelumnya. (*)