Berita Berita APM Economy & Industry

Mobil Listrik Merek Lain kini tak Bisa Gunakan Fasilitas Isi Ulang Baterai Hyundai

DETIK— Hyundai telah menyebar fasilitas pengisian ulang baterai mobil listrik di berbagai lokasi. Sebelumnya fasilitas buatan Hyundai ini masih bisa digunakan untuk mengecas mobil listrik merek lain. Tapi kini mobil listrik merek lain tak bisa menggunakan alat itu lagi.

Akun Instagram resmi Hyundai Motors Indonesia (HMID), menyebutkan mulai Agustus 2024 mereka melakukan beberapa pembaruan pada fasilitas Hyundai Charging Station. Salah satunya, tentang fasilitas isi ulang baterai mobil listrik Hyundai yang tak bisa diakses oleh mobil listrik selain merek Hyundai.

“Hyundai akan memberlakukan skema penarikan biaya listrik untuk pengisian daya di Hyundai EV Charging Station dan terbatas hanya untuk mobil dengan merek Hyundai serta afiliasinya. Ini sesuai dengan Peraturan Presiden mengenai Instalasi Listrik Privat (ILP),” tulis Hyundai di akun Instagramnya.

Hyundai memiliki fasilitas isi ulang baterai mobil di berbagai lokasi. Beberapa di antaranya dipasang di pusat perbelanjaan. Bahkan, fasilitas isi ulang baterai mobil listrik Hyundai itu mendukung ultrafast charging. Sebelumnya, fasilitas itu bisa dipakai mobil listrik merek lain yang kompatibel dengan tipe charger CCS2. Tapi mulai bulan Agustus 2024 ini hanya untuk mobil Hyundai.

Salah satu fasilitas isi ulang bagterai ultrafast charging Hyundai terpasang di Plaza Indonesia, Jakarta. Di sana, Hyundai menyediakan dua unit ultrafast charger gun dengan total daya 240 kilo Watt (kW). Alat ini mampu mengisi baterai mobil listrik dari 10 persen hingga 80 persen dalam waktu kurang lebih 18 menit.

Perangkat ultrafast charger Hyundai tersebut diklaim telah memenuhi sertifikasi tahan terhadap percikan debu dan air dengan rating IP54. Ini membuatnya tahan terhadap paparan air dari segala arah sehingga bisa aman digunakan di kondisi hujan. Sementara itu, bagi pembeli baru mobil listrik Hyundai dari periode preebook untuk All New Kona Electric dan pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 untuk model lainnya, akan tersedia Electric Vehicle (EV) Charging Service Program yang dapat diakses gratis melalui aplikasi myHyundai.

“Anda akan mendapatkan notifikasi melalui saluran Whataspp resmi milik Hyundai untuk proses aktivasi dan penggunaannya,” tulis Hyundai. (*)