Berita Economy & Industry

Resmi Ditutup, GIIAS 2024 Luncurkan 60 Mobil Baru

KOMPAS— Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 berakhir. Pameran tahunan tersebut konsisten memperkenalkan kendaraan baru. Tahun ini sekitar 60 unit dipamerkan. Lebih dari 55 merek kendaraan tampil di GIIAS 2024. GIIAS 2024 menampilkan berbagai mobil dan sepeda motor yang jumlahnya meningkat jika dibandingkan tahun lalu.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Johannes Nangoi mengatakan, pengunjung yang datang naik dua persen sampai lima persen. “Data belum selesai rekap, karena masih besok (penutupan). Perkiraan naik dua persen sampai lima persen dari tahun lalu,” kata Nangoi di arena GIIAS, Sabtu 27 Juli 2024.

Nangoi mengatakan, animo pengunjung datang ke GIIAS tahun ini masih baik. Pameran yang jadwalnya dimajukan satu bulan dari tahun sebelumnya pun bukan jadi masalah buat pengunjung. “Masyarakat haus pameran, bisa dilihat pengunjung tambah banyak,” kata Nangoi.

Ia mengatakan nilai transaksi selama pameran belum selesai dikumpulkan semua. Beberapa produsen mobil ada yang laporan kalau penjualan ada yang rata, sedikit turun, dan naik. “Yang pasti dari pendatang baru cukup puas dengan penjualan mereka sampai saat ini karena pertama kali ikut,” kata Nangoi.

Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Rizwan Alamsyah mengatakan, GIIAS jadi pameran yang tepat buat menginformasikan kemajuan industri otomotif di Indonesia ke dunia. “Lebih dari 60 kendaraan baru termasuk listrik serta kendaraan konsep telah diluncurkan dan diperkenalkan,” kata Rizwan. Menurutnya, test drive masih jadi aktivitas paling diminati buat mencoba teknologi baru pada mobil yang dipamerkan. Antusiasme pengunjung diklaim meningkat, begitu juga jumlahnya kalau dibandingkan tahun lalu. (*)