Berita Economy & Industry

UMKM Kuliner Ikut Meraup Rezeki di Pameran Otomotif GIIAS 2024

TEMPO— Ramainya pengunjung pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) turut dinikmati oleh pelaku usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman di area Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kabupaten Tangerang (Banten). Pengunjung di pelataran yang dikhususkan untuk kuliner tidak kalah riuhnya dibandingkan dengan area pameran yang menampilkan berbagai jenis mobil dari puluhan jenama otomotif.

Di food court tersebut ada sekitar 50 stan UMKM yang menjual berbagai jenis kuliner. Itu mulai dari sate Padang hingga makanan khas Betawi, kerak telor. Berbagai jenis minuman dan jajanan juga siap menemani aktivitas pengunjung di GIIAS 2024.

Salah seorang penjaga stan yang menjual jajanan sate taichan mengatakan, selama akhir pekan ini omset penjualannya bisa sampai Rp 5 juta. Satu porsi sate taichan dihargai Rp 45 ribu. Harga tersebut, kata Andi, sebanding dengan besaran porsi yang didapat. “Tiap ada kegiatan di ICE BSD ini, kami selalu upayakan untuk bisa terlibat berjualan,” katanya, Ahad, 21 Juli 2024.

Selain jajanan kekinian, juga tersedia makanan khas seperti kerak telor dan gado-gado. Stan yang menjual makan tradisional tampak diminati oleh pengunjung. Satu porsi gado-gado di area pameran GIIAS dihargai Rp 30 ribu. Sedangkan kerak telor dihargai Rp 35 ribu per porsi.

Seorang penjual kerak telor, mengatakan sejak hari pertama GIIAS 2024, omset penjualannya meningkat drastis di akhir pekan. “Hari ini sudah habis 75 butir telur,” katanya. Ia merasakan kehadiran GIIAS kali ini berdampak terhadap penjualan UMKM di sekitaran area pameran. “Ini kali pertama saya jualan di sini. Ada pendaftaran dan sewa tempat,” katanya. “Dilihat dari penjualan, ketutup lah biaya sewa tempat.”

Rata-rata harga kuliner di sekitar lokasi pameran GIIAS 2024 terbilang cukup mahal dibandingkan harga pada umumnya. Namun hal itu tak menyurutkan niat pengunjung untuk berbelanja. “Makanan di sini juga enak-enak. Kalau mau makan ke luar area pameran, pasti jauh. Belum kena macet,” kata seorang pengunjung yang membeli gado-gado dan nasi Padang.

Pameran GIIAS 2024 di ICE BSD berlangsung sejak Kamis 18 Juli dan akan berakhir pada Ahad pekan depan, 28 Juli 2024. Pengunjung bisa mendatangi lokasi pameran dengan membeli tiket seharga Rp 75 ribu pada hari kerja (Senin-Jumat), dan Rp 125 ribu pada akhir pekan (Sabtu – Ahad)).

Pameran ini diikuti oleh 55 merek otomotif yang terdiri 30 merek kendaraan penumpang, empat merek kendaraan komersial, dan 20 merek sepeda motor. Selain memamerkan kendaraan bermotor, sejumlah komponen aksesoris dan peralatan mobil juga ikut memeriahkan GIIAS kali ini dengan total 120 merek. (*)