Berita Berita APM

Volvo Luncurkan Mobil Listrik EX30 di GIIAS 2024

VIVA— Volvo Cars Indonesia meluncurkan model sport utility vehicle (SUV) listrik pertamanya di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Mobil tersebut diberi nama Volvo EX 30, yang memiliki dua tipe yakni Ultra dan Plus.

Retail Operation and Aftermarket Manager Volvo Cars untuk Importir Asia Pasifik Mikael Hagsten-Nielsen mengatakan model tersebut hadir untuk mendukung roadmap elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah. Ini menjadi penyegar baru untuk kendaraan ramah lingkungan bagi konsumen Tanah Air.

“Volvo EX30 adalah hasil upaya kami dalam menerapkan keputusan yang bermuara pada sustainability pada kegiatan operasional kami, sekaligus kontribusi kami kepada pemerintah,” katanya, dari keterangan resmi.

Sebagai mobil listrik, Volvo EX30 mencapai jarak hingga 476 kilometer (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure, WLTP). Model ini tersebut menawarkan dua pilihan baterai yakni Nickel Manganese Cobalt (NMC) untuk varian jarak jauh, atau baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) untuk entry-level single motor. Baterai ini diklaim bisa terisi dari 10 ke 80 persen dalam waktu sekitar 26 menit, memastikan waktu henti minimal dan kenyamanan maksimal.

Volvo EX30 memiliki motor listrik bertenaga 272 daya kuda dan torsi 343 Newton-meter (Nm). Mobil ini dapat berakselerasi dari 0 dan mencapai 100 kilometer per jam, hanya dalam 5,3 detik.  Volvo EX30 hadir dengan dimensi panjang 4.233 milimeter (mm), lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.550 mm serta wheelbase 2.650 mm. Dengan dimensi tersebut membuat kendaraan terasa luas dan nyaman bagi pengguna.

Volvo EX30 Plus dijual dengan harga mulai dari Rp 890 juta. Sementara Volvo EX30 Ultra dengan harga mulai dari Rp 1,160 miliar— on the road Jakarta. “Dua varian EX30 ini sangat cocok bagi mereka yang mencari compact SUV listrik yang sangat efisien dan sebuah permintaan yang terus kami dengar dari pelanggan kami,” kata General Manager Volvo Cars Indonesia Haryanto Djayaputra. (*)