Berita Berita APM Economy & Industry

Produsen Mobil China BYD Jadi Anggota GAIKINDO

KOMPAS— Produsen mobil asal China BYD menyatakan diri sudah resmi menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Dalam menjalankan bisnisnya sebagai agen pemebang merek (APM), mereka membentuk perusahaan PT BYD Motor Indonesia. 

Eagle Zhao (Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia) menyatakan siap menjadi salah satu pemain di industri otomotif Indonesia, sekaligus mengikuti semua regulasi yang sudah ditetapkan. “Saya umumkan bahwa BYD per hari ini resmi menjadi anggota Gaikindo. Ini menjadi salah satu rencana besar kami untuk menjadi bagian dari industri otomotif nasional,” kata  Eagle Zhao, kepada wartawan, Jumat 21 Juni 2024.

Rencana besar BYD yang dimaksud adalah terkait dengan investasi di Indonesia, perluasan jaringan penjualan, serta rantai pasok dengan merangkul industri komponen dalam negeri. 

Sekertaris Jenderal GAIKINDO Kukuh Kumara membenarkan bahwa BYD Motor Indonesia memang sudah resmi menjadi anggota GAIKINDO. Untuk selanjutnya, BYD diharapkan bisa mengikuti regulasi yang sudah ada, termasuk memberikan data penjualan. 

“BYD sudah menjadi anggota GAIKINDO. Sebenarnya sama seperti yang lain, tidak ada syarat khusus untuk menjadi anggota GAIKINDO, tapi tentu diharapkan ada kontribusi besar dari BYD untuk Indonesia,” kata Kukuh.

Mulai JuLi 2024 BYD menyetor data penjualannya kepada GAIKINDO. (*)