Berita Berita APM

Toyota Membangun Pusat Studi Mobil Listrik xEV Center di Pabrik PT TMMIN Karawang

Foto: ANTARA

JPNN— Tren kendaraan listrik bergerak di pasar otomotif Tanah Air. Salah satu produsen yang ikut bersaing di kendaraan listrik ialah Toyota. Baru-baru ini Toyota menghadirkan xEV Center di kawasan pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang 3 (Jawa Barat) dengan luas area 600 meter persegi.

Toyota xEV Center menjadi tempat untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat umum hingga berbagai kalangan terkait teknologi hingga persiapan industri otomotif dalam menyongsong era elektrifikasi. Terdapat empat pilar edukasi pada xEV Center sebagai pusat informasi elektrifikasi dan fasilitas lain yang berkaitan dengan teknologi HEV, PHEV, BEV showcase, dan driving experience, xEV cut body, xEV main component (battery, power control unit (PCU), tarnsaxle), outdoor charging station.

Zona pertama terkait inisiatif lingkungan yang membahas terkait rodmap energy di Indonesia untuk mewujudkan lingkungan hijau di Indonesia. Zona berikutnya, terkait klasifiksai kendaraan ICE dan xEV yang menjelaskan teknologi terkait mobil elektrifikasi seperti cut bodi Prius dan Mirai. Detail penjelasan komponen juga dapat diakses melalui teknologi masa kini yaitu menggunakan Virtual Reality dan Augmented Reality. Sementara itu, zona tiga terkait ekosistem hijau, soal well to wheel emision.

Masyarakat berkelanjutan terdapat pada zona 4 menjadi kegiatan Toyota Indonesia bersama pemerintah dan akademisi dalam mewujudkan transformasi menuju era elektrifikasi. Pada zona ini, ringkasan inisiatif kerja sama Toyota Indonesia sejak 2018 bersama sejumlah universitas di Indonesia. Mereka antara lain Universitas Indonesia (UI), Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LPEM FEB) UI, Instirut Teknologi Bangdung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Institut Teknologi 10 Novermber (ITS) Surabaya, Universitas Udayana (UNUD) Denpasar, dan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang yang menghasilkan sejumlah penelitian yang bermanfaat di bidang elektrifikasi.

Secara keseluruhan kehadiran xEV Center bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencapai lingkungan yang lebih hijau melalui kehadiran berbagai teknologi elektrifikasi di Indonesia. (*)