Berita Economy & Industry

Pameran Otomotif GIIAS Bandung 2023 Sukses, Jumlah Pengunjung Capai 30 Ribu

MEDCOM— Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melihat pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS Bandung 2023) sebagai keberhasilan. Pameran otomotif tersebut dipandang sukses dengan berbagai pencapaian dan inovasi terkini dalam industri otomotif.

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi mengatakan GIIAS Bandung menjadi catatan keberhasilan misi untuk terus memperluas pemberian informasi kepada publik tentang perkembangan industri otomotif Indonesia, memberikan edukasi yang tepat untuk masyarakat, serta mendorong pertumbuhan industri otomotif secara nasional.

“GAIKINDO berhasil memenuhi target untuk memperluas cakupan GIIAS The Series tahun ini dengan GIIAS Bandung. Informasi serta edukasi mengenai perkembangan industri kendaraan bermotor juga dapat disampaikan kepada masyarakat secara lebih merata lagi,”  kata Nangoi melalui keterangan resminya 27 November 2024.

Ia menambahkan GIIAS Bandung 2023 meraih prestasi yang sangat baik ini tak dapat dicapai tanpa dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian RI dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dukungan langsung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) ditunjukan dengan diskon pajak kendaraan selama pameran.

GAIKINDO memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya luar biasa dari Pemprova dan Bapenda Jabar yang memberikan insentif khusus berupa diskon pajak sebesar 10 persen bagi masyarakat Jawa Barat yang melakukan pembelian kendaraan di GIIAS Bandung. “Sukses ini tak hanya akan menjadi pencapaian industri otomotif di wilayah ini, tetapi juga sebagai dorongan yang sangat baik untuk capaian industri kendaraan bermotor nasional,” lanjutnya.

Lebih dari 30 Ribu Pengunjung

Berlangsung untuk pertama kalinya di Jabar, GIIAS Bandung 2023 mencatat kehadiran 30.438 pengunjung selama 22-26 November 2023. Ketua III GAIKIINDO Rizwan Alamsjah, menyebutkan pencapaian ini merupakan hal yang luar biasa bagi sebuah pameran yang baru pertama kali diselenggarakan.

“Animo dan antusiasme tinggi dari masyarakat Jabar, khususnya Bandung sangat luar biasa. Angka tinggi kehadiran pengunjung membuktikan bahwa potensi industri kendaraan Jabar sangat besar dan kehadiran GIIAS Bandung menjadi dorongan tepat untuk memaksimalkannya,” kata Rizwan.

Ada 18 merek kendaraan bermotor dari berbagai lini industri telah berpartisipasi pada ajang GIIAS Bandung 2023, diantaranya 15 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen dan Wuling. 3 merek sepeda motor, yakni Benelli, Keeway dan Royal Enfield.

Selain kendaraan roda empat dan roda dua, tentu juga berbagai lini industri pendukung otomotif lainnya yang telah turut meramaikan serta mendorong perkembangan industri otomotif terbaru untuk masyarakat Jabar melalui GIIAS Bandung 2023.

Sejumlah Merek Mendapatkan Penghargaan

GIIAS Bandung 2023 juga kembali menyelenggarakan favourite booth, favourite vehicle hingga most driven car.Berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh pihak penyelenggara, Hyundai berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan lebih dari 150 meter persegi, Kia berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan kurang dari 149 meter persegi, dan Benelli Keeway berhasil memenangkan kategori favourite booth dari industri pendukung.

Favourite vehicle dengan kategori sebaguna (multipurpose vehicle, MPV) dimenangkan oleh Suzuki XL7 Hybrid, kategori sport utility vehicle (SUV) adalah Honda CR-V HEV, kategori Premium Car dimenangkan oleh Lexus ES 300H, kategori Electric Car dimenangkan oleh Wuling Binguo EV. Untuk favourite motorcycle dimenangkan oleh Royal Enfield Super Meteor 360. Selain itu, GIIAS Bandung juga memberikan penghargaan pada kategori most driven car atau mobil yang paling banyak dikendarai melalui program test drive GIIAS Bandung kepada Wuling Air EV. (*)