Berita Economy & Industry

Industri Pelumas Optimitis tetap Tumbuh meski Ada Kendaraan Listrik

TRIBUNNEWS— Produsen minyak pelumas mesin kendaraan asal Spanyol, Cepsa, menyasar market kendaraan berbahan bakar bensin, meski kendaraan listrik mulai dikenalkan di dalam negeri. Saat ini distribusi Cepsa berada di bawah naungan PT Surya Global International (SGI), 

“Cepsa masih fokus ke combustion engine. Jadi kami masih yakin bahwa elektrifikasi tak akan langsung, masih ada beberapa tahun lagi. Lalu masih banyak yang memilih memakai hybrid, karena mereka masih bisa mengisi bensin,” kata Direktur Utama PT Surya Global International (SGI) Abraham Sudirman, saat Grand Launching Cepsa di Jakarta, Senin 6 November 2023.

Walaupun di Indonesia baru memasarkan pelumas untuk mesin bensin, namun di internasional Cepsa sudah memiliki produk oli khusus kendaraan listrik. SGI yakin, dengan tumbuh elektrifikasi di Tanah Air, bisnis pelumas Cepsa juga akan tetap tumbuh meski market berganti. Hal ini telah diantisipasi Cepsa dengan sudah hadirnya pelumas untuk kendaraan listrik, khususnya untuk transmisi dan gear.

“Kita ada yaitu transmission oil dan gear oil yang didesain khusus untuk electric vehicle. Untuk produk ini beda dengan produk untuk mesin bensin, karena walaupun electric vehicle tak memakai pelumas mesin, tetapi untuk transmisi dan gear harus menggunakan pelumas khusus. Saya rasa itu ada opportunity untuk bertumbuh berbarengan dengan pertumbuhan kendaraan listrik,” kata Abraham. (*)