Berita Berita APM Economy & Industry

Kerjasama Mobil Listrik Neta dan PLN Siapkan Infrastruktur Pengisian Baterai

ANTARA— Perusahaan distributor mobil listrik PT Neta Auto Indonesia (Neta) menyatakan  serius menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan. Salah satunya, lewat kerjasama dengan PT PLN (Persero) menyediakan layanan fasilitas home charging dan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Indonesia.

Penandatangan bentuk kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding, MoU) oleh Network and Sales Director PT Neta Auto Indonesia Jerry Huang dan Executive Vice President (EVP) Pengembangan Produk Niaga PT PLN (Persero) Ririn Rachmawardini. MoU berlangsung pada peluncuran mobil listrik Neta V.

“Kerjasama dengan PLN adalah langkah nyata kami untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, serta menguatkan komitmen kami dalam membangun mobilitas berkelanjutan di Indonesia. Kami percaya bahwa dengan adanya infrastruktur pengisian baterai yang kuat dan terintegrasi, akan mendorong penggunaan kendaraan listrik lebih cepat,” kata Jerry Huang dalam keterangan tertulis di Jakarta, akhir Oktober 2023

Kerjasama tersebut menegaskan komitmen kedua pihak untuk mewujudkan visi dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang ramah lingkungan, efisien, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon. Jerry menjelaskan bahwa mereka ingin memastikan aksesibilitas yang mudah bagi konsumen Neta agar tak perlu khawatir tentang ketersediaan daya saat melakukan perjalanan.

Lewat keberadaan infrastruktur pengisian baterai serta penyediaan layanan home charging yang didukung oleh PLN, maka konsumen Neta V akan menikmati pengalaman berkendara nyaman, tanpa perlu rasa khawatir saat kondisi daya baterai yang menipis di tengah perjalanan. Neta telah menetapkan standar baru dalam industri otomotif Indonesia, serta optimis akan masa depan mobilitas yang berkelanjutan dan inovasi teknologi canggih dapat diakses mudah oleh semua orang.

Sejak peluncuran resmi produk andalan Neta V,  Neta telah mempersiapkan beragam fasilitas serta layanan purna jual sebagai komitmen untuk mengembangkan mobilitas berkelanjutan di Indonesia. Neta juga berkomitmen menyediakan layanan 24 jam hotline services, 24 jam roadside assistance, on-site services, serta layanan Instalasi Neta Wall Box di rumah konsumen.

Neta juga memberikan jaminan jangka panjang dengan memberikan garansi umum lima tahun atau 150 ribu kilometer, garansi baterai delapan tahun atau 180 ribu kilometer, serta gratis perawatan berkala hingga empat tahun atau 50 ribu kilometer.

Dealer Baru

Neta belum lama ini juga meresmikan dealer baru di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis 9 November. Neta mengklaim diler di Kelapa Gading tersebut menjadi diler pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas pengisian daya cepat (DC Fast Charging Station) berdaya 47 KiloWatt, memungkinkan pengisian daya dari 30 persen hingga 80 persen dalam waktu 30 menit.

“Sebagai bentuk komitmen dan keseriusan kami untuk menghadirkan EV dengan teknologi canggih serta layanan purna jual terbaik di pasar otomotif Indonesia, kami meresmikan diler pertama kami, yaitu Neta Kelapa Gading,” kata Managing Director NAI Jason Ding.

Dealer Neta Kelapa Gading menawarkan layanan transaksi pembelian unit, pemeriksaan dan perbaikan kendaraan, atau pun pembelian suku cadang dan aksesoris. Dealer ini juga memiliki fasilitas workshop lengkap hingga fasilitas test drive.

Workshop itu menyediakan enam maintenance bay, peralatan spesial seperti hydraulic battery llifter, insulated tools, special diagnostic instrument, motor and reducer disassembly lift, serta man power profesional yang bersertifikasi dan sesuai dengan standar Neta.

“Bekerja sama dengan PT NEV Auto Mobil, penyediaan fasilitas ini tentunya kami harapkan dapat memudahkan serta meningkatkan rasa aman dan nyaman para konsumen dan calon konsumen mobil listrik Nrta di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya,” kata Jason.

Setelah memperkenalkan diri secara resmi di pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lalu dan meluncurkan produk Neta V, Jason menyebut peresmian diler tersebut menjadi pembuktian lanjutan atas komitmen dan keseriusan Neta dalam kontribusinya di industri otomotif Indonesia. (*)