Berita Economy & Industry

Lima Hari Pameran Mobil GIIAS Surabaya Dihadiri 34 Ribu Pengunjung

KONTAN— Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2023 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah resmi ditutup pada Minggu 24 September 2023. Misi GAIKINDO pada GIIAS Surabaya 2023 adalah untuk memberikan edukasi tentang perkembangan industri kendaraan bermotor dan mendorong capaiannya. 

Dengan total 24 merek kendaaraan bermotor, tahun ini adalah catatan peserta terbanyak GIIAS Surabaya 2023. Ini berarti lebih banyak model kendaraan terbaru beserta edukasi, termasuk tentang kendaraan berbasis listrik yang disampaikan kepada pengunjung. “Mendukung pemerintah Indonesia, GAIKINDO berkomitmen lebih banyak memberikan informasi dan edukasi mengenai teknologi industri otomotif khususnya kendaraan berbasis listrik, lewat penyelenggaraan pameran, khususnya pada GIIAS Surabaya kali ini,” kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO dalam siaran pers.

Pernyataan ini juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier. Menurutnya, pameran GIIAS Surabaya merupakan bagian untuk memberikan suatu edukasi bahwa Indonesia juga sudah siap untuk masuk ke era elektrifikasi dan pemerintah pun terus mendorong melalui berbagai regulasi.

Tahun ini GIIAS Surabaya menghadirkan jumlah merek kendaraan bermotor terbanyak. Terdapat total 24 merek kendaraan bermotor yang terdiri dari 16 merek kendaraan penumpang yakni Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling. Kemudian, ada 8 merek kendaraan roda dua yakni Gova, Piaggio, Vespa, Aprilia, Moto Guzzi, Polytron, Royal Enfield, dan United E-Motor. Ada pula berbagai merek industri pendukung otomotif yang turut unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2023.

Antusiasme pengunjung dalam mencoba model kendaraan terbaru pada penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2023 menjadi barometer keberhasilannya memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kendaraan listrik. Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO mengungkapkan, antusiasme masyarakat Jawa Timur terhadap penyelenggaraan GIIAS Surabaya sangat tinggi. Terbukti, jumlah pengunjung yang hadir sepanjang pameran GIIAS Surabaya 2023 mencapai total  34.771 pengunjung. 

“Tidak hanya itu, jumlah pengunjung yang melakukan test drive juga mencatat kenaikan dari sebelumnya,” kata Rizwan.

Ia mengungkap, area test drive dan test ride mencatat total mencapai 2.000 trip mobil, serta mencapai 300 trip sepeda motor di sepanjang pameran GIIAS Surabaya 2023. Keberhasilan GIIAS Surabaya 2023 juga tak terlepas dari dukungan penuh para sponsor. Astra Financial hadir sebagai platinum sponsor GIIAS Surabaya 2023 bersama unit bisnisnya yaitu FIFGroup, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, MauCash, Moxa, dan Seva. Selain Astra Financial, GIIAS Surabaya 2023 juga mendapatkan dukungan JKIND, Super Challenge dan KAHF sebagai sponsor. 

Rangkaian pameran GIIAS The Series 2023 belum selesai. Selanjutnya, GIIAS akan kembali menyapa para pecinta otomotif di kota-kota strategis lainnya. Kota yang akan menjadi tujuan selanjutnya untuk mengedukasi masyarakat terkait kendaraan listrik adalah Semarang (Jawa Tengah). Berbagai merek kendaraan penumpang dan industri pendukung akan hadir pada seri penyelenggaraan GIIAS di Semarang. GIIAS Semarang akan berlangsung pada 18 – 22 Oktober 2023 di Marina Convention Center, dan ditutup dengan pelaksanaan GIIAS di kota baru yakni GIIAS Bandung pada 22 – 26 November 2023, di Sudirman Grand Ballroom. (*)