BISNIS— Kinerja penjualan mobil secara whole sales maupun secara retail sales di Indonesia meningkat pada Agustus 2023. Merek-merek mobil di dalam naungan PT Astra International Tbk (ASII) kokoh berada di puncak penjualan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), whole sales (dari pabrik atau distributor ke dealer) pada Agustus 2023 mencapai 88.876 unit, naik 10,5 persen dibandingk Juli 2023 sebanyak 80.426 unit. Penjualan retail juga meningkat 12,5 persen dibanding bulan sebelumnya menjadi 88.865 unit pada Agustus 2023.
Ketua I GAIKINDO Jongkie D Sugiarto mengatakan salah satu faktor yang mendorong penjualan pada Agustus 2023 adalah pengiriman dari pihak agen pemegang merek (APM) kepada dealer lebih lancar. Selain itu, pengiriman dari dealer kepada konsumen yang lebih lancar juga turut membuat penjualan retail meningkat. “Ya kemungkinan pengiriman dari APM ke dealer dan dari dealer ke konsumen lebih lancar,” kata Jongkie Senin 11 September 2023.
Di sisi lain, dibanding Agustus 2022 atau secara year-on-year (YoY), penjualan secara whole sales turun 8,3 persen dari 96.956 unit. Sementara penjualan secara retail turun sekitar 2,5 persen. Untuk penjualan sepanjang Januari-Agustus 2023 menunjukkan kinerja positif dengan capaian sebanyak 675.287 unit, tumbuh 2,6 persen dibanding periode sama tahun lalu sebanyak 658.231 unit. Kemudian penjualan retail juga positif dengan menembus 675.605 unit sepanjang Januari-Agustus 2023, naik 6,1 persen secara YoY dari 636.940 unit.
GAIKINDO memasang target penjualan dapat menembus 1,05 juta (1.050.000) unit sampai akhir 2023. Jongkie menyatakan optmistis target tersebut dapat tercapai dalam sisa empat bulan terakhir di 2023. “Kita harapkan pertumbuhan ekonomi dapat terus di angka lima persen atau lebih,” katanya.
Toyota dan Daihatsu yang di bawah ASII memimpin penjualan sepanjang Januari-Agustus 2023 dengan masing-masing pada angka 220.454 unit, dan 132.542 unit. Sementara dari sisi pangsa pasar, Toyota tercatat memiliki 32,6 persen pangsa pasar, sedangkan untuk Daihatsu tercatat mencapai 19,6 persen. Penjualan terbanyak ketiga dicatatkan oleh Honda dengan capaian 97.096 unit sepanjang Januari-Agustus 2023, dan pangsa pasar mencapai 14,4 persen. Berada di urutan keempat adalah Suzuki yang berada di bawah naungan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) dengan penjualan 54.038 sepanjang Januari-Agustus 2023, dan pangsa pasar mencapai delapan persen. (*)