Berita Economy & Industry

‘GIIAS Power Dinner 2023’, Eratkan Industri Otomotif dengan Pemerintah

GAIKINDO— Pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) menggelar silaturahmi Kementerian Perindustrian. Silaturahmi ini bertajuk “GIIAS Power Dinner” di The Langham Ballroom, Jakarta, 7 Agustus 2023. GIIAS Power Dinner dimaksudkan untuk menjalin hubungan yang erat antara para pelaku industri otomotif Indonesia  dengan Kementerian Perindustrian dengan. Lebih-lebih dengan akan kembali berlangsungnta GIIAS 2023 pada 10-20 Agustus 2023 di Gedung Indonesia Conference Exhibition (ICE) – Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang (Banten).

Ini adalah kedua GIIAS Power Dinner, diikuti oleh seluruh pimpinan agen pemegang merek (APM) peserta pameran GIIAS 2023. Hadir pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Direktur Jenderal (Dirjen) Impor dan Neraca Perdagangan Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE)Taufiek Bawazier, Dirjen Ketahanan, Perwilayahan & Akses Industri Internasiona (lKPAII) Eko SA Cahyanto, dan jajaran Kementerian Perindustrian lainnya.

Pada GIIAS Power Dinner 2023, GAIKINDO mewakili industri otomotif Indonesia dan menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kebijakan dari pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian, industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, yang bahkan melebihi catatan sebelum pandemi.

”Industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang baik, melebihi sebelum pandemi. Ini berkat dukungan dan kebijakan dari Kementerian Perindustrian, khususnya di bawah arahan Menteri,” kata Yohannes Nangoi (Ketua Umum GAIKINDO). 

Nangoi menyampaikan bahwa dengan pendekatan agresif dari Kementerian Perindustrian kepada para prinsipal merek kendaraan  global, industri otomotif Indonesia berhasil menaikkan ekspor mobil hingga 60 persen, lebih dari 470 ribu unit. ”GAIKINDO bersama industri otomotif Indonesia akan terus berkomitmen kedepannya untuk terus meningkatkan pasar domestik dan mendorong peluang Indonesia menjadi basis produksi untuk kegiatan ekspor,” kata Nangoi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan arahan langsung kepada para petinggi industri otomotif Indonesia untuk menghadapi tantangan dalam upaya terus mengembangkan industri otomotif Indonesia. ”Kementerian Perindustrian mengapresiasi dan merayakan pencapaian industri otomotif Indonesia yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan industri otomotif. Dedikasi, kecerdikan dan komitmen dari para pelaku industri otomotif Indonesia telah mendorong sektor otomotif Indonesia ke level baru, menjadikannya kekuatan global yang harus diperhitungkan,” katanya. 

Menurut Menteri Perindustrian, selama bertahun-tahun, sektor otomotif Indonesia telah mengalami perubahan yang luar biasa, menjadi pemain kunci di pasar regional dan menjadi penyumbang signifikan bagi perekonomian negara. Dengan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, terobosan teknologi dan pertumbuhan kelas menengah, permintaan mobil meningkat, menjadikan Indonesia sebagai pusat otomotif yang potensial di Asia Tenggara. 

“Sektor otomotif di Indonesia tak hanya menciptakan lapangan kerja, tapi juga memberikan peluang ekonomi yang signifikan baik bagi perusahaan domestik maupun asing. Ekspansi industri otomotif yang cepat telah membuka jalan bagi investor besar, menghasilkan ekosistem produsen, pemasok, dealer dan penyedia layanan yang kuat,” katanya. (*)