Berita Economy & Industry

BP-AKR Raih Penghargaan ‘Patra Nirbhaya Karya Pratama 2022’ Kementerian ESDM

JAKARTA— PT Aneka Petroindo Raya (JV BP-AKR) mendapatkan penghargaan Patra Nirbhaya Karya Pratama 2022 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Teknik dan Lingkungan Minyak & Gas Bumi. PT Aneka Petroindo Raya adalah sebuah perusahaan kerjasama antara British Petropleum dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) yang menjalankan bisnis pengelolaan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Indonesia.

Penghargaan bidang keselamatan industry minyak dan gas (Migas) ini merupakan apresiasi pemerintah terhadap komitmen kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) dan badan usaha (BU) dalam menjamin keselamatan kerja dalam kegiatan usaha migas di lingkungan usahanya. Penghargaan ini diberikan pada acara Forum Komunikasi Keselamatan Migas tahun 2022 yang mengusung tema “Peran Keselamatan Migas dalam Transisi Energi” November 2022 lalu.

Penghargaan Keselamatan Migas tahun 2022 dibagi menjadi dua kategori. Pertama, Patra Karya Nirbhaya, yakni tanpa kehilangan jam kerja sebagai akibat kecelakaan. Kedua, Karya Raksa pembinaan keselamatan kerja minyak dan gas bumi.

Pada tahun 2022 ini BP-AKR berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori Patra Nirbhaya Karya Pratama. Penghargaan didasarkan atas kinerja dalam menjaga keselamatan karyawan selama total empat juta jam kerja tanpa kehilangan hari kerja karena kecelakaan selama periode Jan 2018 hingga April 2022. Dan BP-AKR menjadi satu-satunya perusahaan yang bergerak dalam bahan bakar ritel yang meraih penghargaan kategori Patra Nirbhaya Karya Pratama di tahun 2022 ini.

Presiden Direktur BP-AKR Peter Molloy mengatakan BP-AKR senantiasa berusaha memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggannya. BP-AKR menempatkan keamanan dan keselamatan sebagai prioritas utama melalui penerapan Health, Safety, Security & Environment (HSSE) dalam tiap kegiatannya.

“Kami bersyukur atas penghargaan Patra Karya Nirbhaya yang dianugerahkan oleh Kementrian ESDM tahun ini kepada BP-AKR. Ini menambah semangat  kami untuk terus menjaga, menerapkan dan meningkatkan kepatuhan dalam aspek HSSE,” katanya.

Untuk memperluas akses masyarakat terhadap bahan bakar berkualitas, BP-AKR menambah dua jaringan SPBU, yakni di Tridharma Gresik (Jawa Timur) dan di Pluit Indah (Jakarta). SPBU BP Tridharma di Gresik beroperasi pada 31 Oktober 2022. Sementara SPBU BP Pluit Indah dibuka pada 22 November 2022.

Sejak pertama kali beroperasi di tahun 2018 hingga kini, total jaringan SPBU BP-AKR telah mencapai 34 SPBU. BP-AKR melakukan ekspansi dengan menambah jumlah jaringan SPBU secara bertahap. Dalam memperluas jaringan bisnis SPBU-nya, BP-AKR menggunakan dua skema bisnis ritel yaitu company owned company operated (COCO) dan dealer owned dealer operated (DODO).

Marketing Direktur BP-AKR Vanda Laura mengatakan penambahan jaringan SPBU BP-AKR ini merupakan komitmen untuk memperluas akses bagi konsumen. Di masa dating BP-AKR akan membuka jaringan SPBU-nya. (*)