Berita Economy & Industry

Toyota Astra Motor Siapkan Rencana Bisnis 2023

JAKARTA— PT Toyota Astra Motor (TAM) melihat prospek industri otomotif yang positif di tahun 2023 depan. TAM berencana memperluas pilihan mobil listrik dan tetap mengembangkan kendaraan internal combustion engine (ICE) dalam soal model dan teknologinya. Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor Henry Tanoto  menilai prospek industri otomotif secara umum akan semakin positif terutama jika melihat perbaikan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

Di samping itu, tantangan yang akan dihadapi industri otomotif juga cukup banyak, semisal dampak resesi pasar global hingga imbas tidak langsung dari kenaikan harga bahan baku, suku bunga, hingga kurs.

“Ini juga bisa memberikan pengaruh ke pertumbuhan pasar. Namun, secara umum kami masih melihat positif untuk bertumbuh,” katanya seperti dikutip Kontan.co.id, Rabu 9 November 2022.

Melihat prospek ini, TAM akan memperluas pilihan mobil elektrifikasi atau electric vehicle (EV) di Indonesia. Dia berharap semakin banyak yang bisa berkontribusi pada pengurangan emisi karbon dioksida. TAM juga akan terus mendorong pengembangan mobil ICE. Misalnya saja di segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC), saat ini TAM sudah memiliki dua model yakni Agya dan Calya. Meski kedua model mobil tersebut dapat memenuhi kebutuhan mobilitas di segmen ini, TAM akan terus melakukan kajian dan memantau kebutuhan sehingga bisa menyesuaikan produk dan layanan yang tepat.

Namun Henry tak  memerinci rencana bisnisnya di tahun depan. “Untuk tahun depan nanti kami informasikan lebih lanjut,” katanya. (*)