Berita Economy & Industry

GAIKINDO: Penjualan Mobil Nasional Tembus 950 Ribu Unit di Akhir Tahun 2022

JAKARTA—Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menilai penjualan mobil nasional masih bisa tumbuh signifikan sampai akhir tahun nanti. Data GAIKINDO menunjukkan, penjualan whole sales (dari pabrik ke dealer) mobil nasional telah mencapai 758.216 unit hingga kuartal ketiga tahun 2022. Di bulan September 2022, penjualanwhole sales mobil nasional mencapai 99.986 unit, lebih tinggi dari bulan Agustus (96.956 unit).

Toyota masih menempati posisi pertama sebagai pabrikan dengan penjualan wholesales terbesar selama Januari-September 2022 yakni sebanyak 243.080 unit. Kemudian disusul Daihatsu (140.398 unit), Honda (96.985 unit), Mitsubishi Motors (75.075 unit), dan Suzuki (64.595 unit).

Ketua I GAIKINDO Jongkie Sugiarto optimistis dengan prospek pasar otomotif Indonesia di sisa tahun ini, meski periode insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor telah usai akhir kuartal ketiga. “Melihat perkembangan penjualan sampai September 2022, maka diharapkan penjualan tahun 2022 bisa mencapai 950.000 unit,” kata dia, Jumat 14 Oktober 2022 seperti dikutip KONTAN.

Harapan tersebut tampak melebihi proyeksi awal penjualan mobil nasional di tahun 2022 yang diusung Gaikindo sebelumnya yakni sebesar 900 ribu unit. Sementara itu, menghadapi sisa tahun 2022, Grup Astra yang menaungi beberapa merek mobil seperti Toyota, Lexus, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot, berharap pasar otomotif Indonesia tetap dalam kondisi yang stabil, sehingga membantu pencapaian penjualan mobil Grup Astra yang lebih baik ketimbang tahun 2021 yang lalu.

Penjualan mobil Grup Astra tercatat sebanyak 413.464 unit di periode Januari-September 2022 atau tumbuh 20,25 persen year-on-year (yoy) dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 343.837 unit. “Menghadapi kompetisi, Grup otomotif Astra akan terus fokus menawarkan berbagai pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang beragam serta fokus pada pelayanan bagi kemudahan pelanggan,” kata Tira Ardianti,  Head of Investor Relations Astra International (ASII). (*)