Berita

Mobil SUV dan MPV, Kenali Lima Perbedaannya

JAKARTA— Ada banyak jenis tersedia di pasar mobil domestik. Itu antara lain low cost green car (LCGC), hatchback, sedan, crossover, bus, minibus, truk, tractor head, pickupsport utility vehicle (SUV), multiputpose vehicle (MPV), dan sebagainya. Yang paling laris di Indonesia adalah mobil MPV dan mobil SUV. Itu karena konsumen otomotif Indonesia biasanya lebih mendominasi mobil yang berkapasitas angkut penumpang lebih banyak dan daya mesin kuat untuk di beberapa medan jalan.

Perbedaan mendasar mobil SUV dan mobil MPV

Mengutip laman Daihatsu.co.id, perbedaan mendasar mobil SUV dan MPV terletak pada kegunaannya. SUV jenis mobil sport, mobil ini biasanya dikenal sebagai perpaduan mobil jip dan sedan. Bentuk, ukuran dan kekuatan mesin mobil SUV disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan sport. Jenis mobil sport umumnya dirancang kuat dan tangguh untuk di segala medan.

Sedangkan MPV diperuntukkan sebagai mobil keluarga, desain, body dan kekuatan mesin dirancang untuk kebutuhan kendaraan keluarga. Mobil jenis ini lebih mengutamakan segi kenyamanan. Berikut adalah beberapa perbedaan mobil SUV dan MPV:

1. Body atau bentuk mobil

Mengutip Hyundaimobil,co.id, mobil SUV didesain dengan bentuk terlihat lebih tangguh, dan memiliki ketinggian yang pas, rata-rata ground clearance 200 mm atau lebih. Itu karena memiliki ban besar dan velg berdiameter 15 inci. Kontur ban pun dibuat lebih garang, itu dirancang supaya tangguh di medan licin. Sehingga membuat pengguna tak takut lagi saat menerjang banjir, bisa bepergian ke desa-desa, dan lebih percaya diri saat melewati jalan alternatif.

Sementara mobil MPV desainnya cenderung lebih elegan. Velgnya berukuran standar sehingga cocok dikendarai bersama keluarga. Kontur ban mobil MPV juga dibuat untuk di permukaan jalan yang halus, mobil ini sangat cocok dikendarai di perkotaan.

2. Kapasitas angkut penumpang

Mobil MPV karena diperuntukkan sebagai kendaraan keluarga, mobil ini mampu membawa penumpang sekitar delapan orang, itu didukung dengan kabinnya yang luas. Berbeda dengan SUV yang dirancang dengan kapasitas lebih sedikit untuk angkut penumpang.

3. Fitur

Mobil SUV biasanya difasilitasi dengan fitur-fitur canggih dan modern. Fitur keselamatannya pun lebih mumpuni dari MPV. Itu terlihat dari empat airbag yang dipunyanya. Mobil SUV seringkali menggunakan keyless system dengan tombol start-stop engine. Bahkan, pada beberapa tipe SUV terbaru saat ini telah memiliki sensor parking di bagian depan dan belakang serta kamera parkir 360.

Mobil MPV, karena fokusnya untuk kenyamanan berkendara, maka terdapat fitur-fitur hiburan seperti monitor jenis liquid chrystal display (LCD) untuk menampilkan musik, video, dan monitor parkir. Meski ada perbedaan, beberapa dari kedua mobil ini telah difasilitasi fitur tambahan yang mendukung performa, keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.

4. Kekuatan mesin

Karena jenis mobil sport, SUV punya kapasitas mesin cukup besar, yakni di atas 1.500 cc. Mobil ini cocok untuk melewati jalanan off road. Sementara itu, rata-rata mobil MPV punya mesin hanya berkapasitas di bawah 1.500 cc.

5. Bahan bakar

Mobil SUV biasanya lebih boros bahan bakar. Itu karena mobil ini punya fitur canggih di tiap komponennya. Selain itu, penggunaan penggerak empat roda yang lebih menguras daya membuat mobil ini jadi lebih boros bahan bakar. Untuk mobil MPV, ini dirancang dengan sistem pengelolaan konsumsi bahan bakar lebih irit. (TEMPO)