JAKARTA— Daihatsu membukukan penjualan hingga akhir kuartal pertama 2022 dengan capaian positif. Ini dibuktikan dengan kenaikan penjualan retail Daihatsu menjadi 46.946 unit, tumbuh 55 persen dibanding periode yang sama kuartal pertama 2021 lalu sebanyak 30.310 unit. Secara berturut-turut, penjualan Daihatsu selama tiga bulanan didominasi oleh tiga besar model, mulai dari Sigra sebanyak 11.856 unit atau berkontribusi 25 persen, disusul Gran Max PU (pick up) sebanyak 10.453 unit (22 persen), dan Xenia yang kini masuk menjadi tiga besar penjualan Daihatsu dengan raihan 6.215 unit (13 persen).
Dibanding penjualan per-model antara kuartal pertama 2022 dengan kuartal pertama 2021, tiga besar kenaikan penjualan tertinggi pada model Daihatsu secara berturut-turut ada pada Xenia yang mengalami kenaikan signifikan sebesar 175 persen, lebih dari 2,5 kali lipat menjadi 6.215 unit dari sebelumnya 2.260 unit.
Kemudian disusul Sigra yang naik 71 persen menjadi 11.856 unit, dan Ayla 42 persen menjadi 5.355 unit. “Daihatsu bersyukur dapat menutup penjualan kuartal I-2022 dengan raihan positif yang didukung juga oleh semua pihak terkait. Capaian ini juga semakin mendekati ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” kata Hendrayadi Lastiyoso (Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, AI-DSO) dalam siaran pers seperti dikutip Kontan, Jumat 8 April 2022.
Dia berharap capaian positif ini dapat terus berlangsung, sehingga penjualan otomotif nasional bisa terus meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. (*)