JAKARTA— Produsen dan distributor mobil Honda di Indonesia PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan model All New Honda BR-V generasi kedua. Peluncuran virtual pada 21 September 2021 ini adalah pertama kalinya di dunia. Generasi kedua Honda BR-V ini hadir dengan tampilan baru, dan berbagai teknologi canggih yang bukan hanya belum ada di generasi terdahulunya. Ini menjadi yang pertama di antara semua model di kelasnya.
Dalam sambutannya saat peluncuran virtual All New Honda BR-V, Masayuki Igarashi (Chief Officer for Regional Operations Asia & Oceania Honda Motor Co Ltd, President and CEO, Asian Honda Motor Co Ltd) mengatakan Indonesia merupakan pasar penting bagi Honda di kawasan Asia dan Oceania baik untuk penjualan maupun produksi. “Karena itu, Honda terus mengembangkan dan meningkatkan produk serta layanan untuk pelanggan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. All New Honda BR-V yang diluncurkan pertama kali di dunia ini dikembangkan untuk memberikan definisi baru pada gaya, kenyamanan dan performa untuk kesenangan berkendara bagi pelanggan Indonesia,” katanya.
Takehiro Watanabe (President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan) Honda sangat bangga mempersembahkan generasi kedua All New Honda BR-V yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan konsumen di Indonesia. All New Honda BR-V juga akan diproduksi massal secara lokal di Indonesia dengan menghadirkan desain yang jauh lebih menarik dan berbagai teknologi dan fitur terkini yang menjadi pertama di kelasnya. “Kami yakin All New Honda BR-V akan memperkuat posisi Honda khususnya di segmen LSUV di Indonesia,” katanya.
Untuk mengembangkan generasi kedua dari Honda BR-V, Honda melakukan studi panjang dan mendalam untuk menangkap kebutuhan serta kebiasaan berkendara dari konsumen mobil sport utiliy vehicle (SUV) berkapasitas tujuh penumpang. Sebelum produksi massal, Honda mengembangkan model konsep yang disebut sebagai New 7-seater eXcitement (N7X) untuk menangkap masukan konsumen mengenai konsep yang menjadi cikal bakal generasi kedua dari Honda BR-V. Dalam pameran di berbagai daerah di Indonesia, N7X Concept mendapatkan sambutan yang sangat positif dari konsumen yang kemudian menjadi dasar pengembangan All New Honda BR-V.
Seperti konsep pengembangan awalnya, All New Honda BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV, kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV, serta performa berkendara menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda. Sementara berbagai fitur dan teknologi yang pertama kali hadir pada All New Honda BR-V, di antaranya Honda SENSINGTM, Honda LaneWatchTM, Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System yang telah dikembangkan untuk menciptakan sebuah definisi baru dalam pengalaman berkendara dan kemudahan untuk sebuah Long SUV (LSUV) 7-seater di kelasnya.
PT Honda Prospect Motor pertama kali memperkenalkan Honda BR-V pada tahun 2015. Hingga saat ini, Honda BR-V terus diterima dengan baik oleh pelanggan di Indonesia dengan total penjualan ritel 76.846 unit. Secara global, Honda BR-V telah terjual lebih dari 255 ribu unit dan Indonesia merupakan negara tertinggi dalam kontribusi penjualannya sebanyak 30persen. Honda BR-V juga diterima dengan baik oleh pelanggan di Indonesia dan telah mendapatkan 12 penghargaan bergengsi. (*)