JAKARTA— Pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) hadr kembali tahun 2021 ini. Beragam tahapan kegiatan sedang disiapkan menuju penyelenggaraannya pada 12 hingga 22 Agustus 2021 nanti. Sejak April 2021, pemerintah telah memberikan izin enyelenggaraan ajang pameran secara nasional. Syaratnya, dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Kebijakan ini memberikan optimisme pada persiapan penyelenggaraan GIIAS di tahun ini.
Berbagai persiapan dilakukan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dengan arahan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Ini demi memastikan agar GIIAS 2021 dapat memberikan dukungan terhadap upaya kebangkitan dan perbaikan industri otomotif Indonesia. Ini sekaligus menjadi pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama GAIKINDO.
Pada akhir Mei 2021 lalu panitia penyelenggara pameran GIIAS telah menghadiri rapat koordinasi bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan dan juga Kepolisian Republik Indonesia. Mereka berupaya mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah untuk penyelenggaraan pameran GIIAS 2021 di saat pandemic virus flu Covid-19. Pada rapat tersebut panitia memaparkan prosedur dan persiapan protap kesehatan dan keselamatan yang mendapatkan tanggapan positif dari instansi terkait tersebut.
Ketua umum GAIKINDO Yohannes Nangoi mengatakan bahwa GAIKINDO akan berupaya keras mewujudkan penyelenggaraan GIIAS yang aman dan nyaman. “GIIAS tahun ini akan dipersiapkan rinci. Kami menekankan penyelenggaraan GIIAS 2021 ini harus dipastikan aman bagi semua, baik para peserta dan pengunjung,” kata Nangoi.
GIIAS Berlangsung dengan Protokol Kesehatan
Pameran mobil berskala internasional GIIAS 2021 akan berlangsung offine di areal seluas 100 ribu meter persegi di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD, Tangerang (Banten). Pengaturan pengunjung dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan berbasis pada cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (Kelestarian Lingkungan). GIIAS offline dan online diharap dapat tetap menjaga kesehatan dan keamanan masyarakat, sekaligus memenuhi permintaan publik akan informasi terkini dari industri otomotif Indonesia dan global.
Salah satu hal penting yang tengah dipersiapkan menjelang berlangsungnya pameran GIIAS 2021 adalah penyempurnaan aplikasi digital hasil inovasi, yakni GIIAS Auto360. Aplikasi GIIAS Auto360 merupakan gabungan tiga segmen utama, yaitu sebagai exhibition hub, marketplace khusus produk otomotif, juga platform berita dan informasi industri otomotif.
Rizwan Alamsjah (Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO) mengungkapkan bahwa GIIAS Auto360hadir sebagai upaya GAIKINDO memastikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan masyarakat. “Kami berupaya maksimal memastikan pameran GIIAS aman untuk dikunjungi dengan mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat dan mendetail, dan melengkapi GIIAS Auto360 sebagai platform pameran digital dari GIIAS,” kata Rizwan.
Pada saat berlangsungnya pameran GIIAS 2021 pada Agustus nanti, aplikasi GIIAS Auto360 akan berperan penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung. Pembelian tiket pameran hanya dapat dilakukan pada aplikasi GIIAS Auto360. Caranya dengan proses penyaringan atau screening awal untuk memastikan pengunjung dalam keadaan sehat sebelum hadir langsung di GIIAS 2021.
Selain itu semua proses registrasi program juga akan dilaksanakan lewat aplikasi GIIAS Auto360, seperti untuk pendaftaran test drive dan test ride, mengikuti talkshow, seminar serta acara lainnya juga bisa dilakukan dalam aplikasi ini. Registrasi online diharapkan dapat memastikan terjaganya prosedur dan ketetapan kesehatan. Saat ini aplikasi GIIAS Auto360 sudah dapat ddiunduh pada platform Appstore dan Playstore. GIIAS Auto360 yang tersedia saat ini adalah versi beta, dan masih terus disempurnakan untuk memastikan layanan terbaik untuk para penggunanya.
Menurut Rizwan, GIIAS Auto360 ditargetkan akan siap memberikan layanan penuh bagi publik pada Juli 2021. Semua fitur layanan baik exhibition hub, platform berita, hingga marketplace khusus produk otomotif akan berjalan sempurna, dan akan membawa pameran otomotif hadir langsung dalam gengaman masyarakat. Tujuannya, ini agar dapat memberikan berbagai kemudahan dalam memenuhi semua kebutuhan otomotif masyarakat kapan saja di mana saja. (*)