Berita Berita APM Road Safety

Hino dan Dishub DKI Bekerjasama untuk Pelatihan Uji Kendaraan Bermotor

JAKARTA— PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menggelar pelatihan untuk tim penguji Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB). Pelatihan ini mendapat dukungan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Tujuan dari pelatihan uji kendaraan bermotor adalah untuk membantu pemerintah meningkatkan kemampuan tim UP PKB yang ada di wilayah DKI Jakarta, agar mendapat pengetahuan, meningkatkan keselamatan, dan mencegah kecelakaan. 

Progam pelatihan ini diikuti 170 peserta dari lima UP PKB yang ada di Jakarta yaitu UP PKB Cilincing (Jakarta Utara), UP PKB Jagakarsa (Jakarta Selatan), UP PKB Pulo Gadung (Jakarta Timur), UP PKB Kedaung Angke (Jakarta Barat), dan UP PKB Ujung Menteng (Jakarta Timur). Pelatihan juga diikuti secara virtual oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura (Papua),  Manokwari (Papua Barat), Kabupaten dan Kota Sorong (Papua Barat), Pemprov Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram (Nusa Tenggara Barat), Kota Makassar (Sulawesi Selatan), Kota Balikpapan (Kalimantan Timur), Pemprov Jawa Timur, Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Yogyakarta, Kota Bandung (Jawa Barat), Kota Tangerang (Banten), Kota Medan (Sumatra Utara), dan Pemprov Aceh Nangroe Darussalam.

Investigator senior KNKT Achmad Wildan memberikan materi seputar aspek keselamatan dan sebab-akibat terjadinya kecelakaan. Materi pelatihan ini diberikan agar peserta mengetahui teknik pengujian kendaraan yang baik untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Tim HMSI juga memberikan pelatihan seputar pengecekan sistem rem dan informasi produk Hino. HMSI juga menandatangani nota kesepahaman dengan Dishub Pemprov DKI diwakili After Sales & Technical Director HMSI Irwan Supriyono, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, disaksikan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

Chief Operating Officer HMSI Santiko Wardoyo mengatakan Hino akan terus mengkampanyekan keselamatan berkendara di jalan. Hino juga akan terus menjalankan berbagai aktivitas, seperti program Training of Trainer (ToT) untuk mencetak pengemudi yang handal, serta pelatihan berupa Smart Driving of Hino 500 Series, dan Hino Academy.

“Keselamatan berkendara adalah tanggung jawab kita bersama, untuk itu kami senang dapat mendukung pemerintah yang kali ini menggelar kegiatan pelatihan pengujian kendaraan bermotor wajib uji. Agar tercipta layanan transportasi yang andal, aman, dan selama tagar menjadikan angkutan publik sebagai layanan utama,” kata Santiko dalam keterangan resmi pada hari Rabu, 10 Februari 2021, seperti dikutip Kompas.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci sukses program yang dijalankan Pemprov DKI Jakarta. Dishub senantiasa melakukan kolaborasi dengan semua stakeholder agar memiliki kompetensi yang baik dan bisa meningkatkan kapabilitas, juga kemampuan para penguji. Syafrin berharap peserta pelatihan dapat memaksimalkan materi yang diberikan untuk meningkatkan kompetensinya. (*)