JAKARTA— Pada masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal, kegiatan ekonomi secara bertahap kembali bergairah. Industri otomotif mulai menunjukan adanya tren peningkatan sedikit demi sedikit. Daihatsu misalnya, secara retail pada Januari-Juni 2020 berhasil mencatatkan angka 53.577 unit, atau turun 39 persen dibanding periode yang sama tahun 2019 lalu. Sementara khusus pada Juni 2020, penjualan dari dealer ke konsumen mencapai 5.558 unit. Atau meningkat dari 3.673 unit pada Mei sebelumnya.
Penjualan Daihatsu memang belum mencapai belasan ribu unit per bulan, seperti halnya saat sebelum pandemi. Kondisi ini secara langsung membuat stok kendaraan yang tersedia di diler semakin menipis, mengingat hampir semua merek tidak melakukan produksi secara optimal pada April-Mei 2020. Demi memenuhi kebutuhan pelanggan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah siap untuk kembali menambah produksi kendaraan.
Pada Juli 2020 ADM telah melakukan persiapan untuk melakukan produksi dua shift dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Realisasi produksi dua shift sejak awal Agustus 2020, baik di pabrik Sunter (Jakarta) ataupun Karawang (Jawa Barat). “Kami bersyukur, pasar mobil mulai menunjukkan peningkatan,” kata Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, dalam keterangan tertulis 4 Agustus 2020 seperti dikutip Kompas.
“Daihatsu berharap kondisi perekonomian Indonesia akan terus bergairah dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga memberikan dampak positif pada pasar mobil Indonesia,” katanya. Daihatsu juga menyatakan, lewat produksivdua shift, diharapkan hasil produksi pada Agustus 2020 bisa meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan produksi pada bulan Juli sebelumnya. Agar produksi berjalan maksimal, Daihatsu telah melakukan komunikasi dengan pihak supplier untuk mendukung peningkatakan produksi. Di samping itu, pemasok juga berkomitmen menerapkan protokol kesehatan walaupun permintaan produksi bakal meningkat pada Agustus 2020.
Pemesanan Mobil di Virtual Daihatsu Festival Meningkat
Demi mempermudah pelanggan untuk memiliki mobil impian di tengah kondisi pandemi, Daihatsu menyelenggarakan acara penjualan mobil secara online dengan berbagai promo menarik melalui Virtual Daihatsu Festival untuk kedua kalinya pada Sabtu, 25 Juli 2020. Program penjualan virtual yang berlangsung hanya 1 jam dengan berbagai promo menarik ini laris manis dikunjungi pelanggan. Terbukti, program ini mencatatkan total penjualan sebanyak 554 unit Daihatsu yang telah dipesan.
Terkait dengan kontribusi per-modelnya, lima model mobil Daihatsu paling banyak dipesan pada acara ini adalah Gran Max sebanyak 34 persen, diikuti oleh Astra Daihatsu Sigra 28 persen, Ayla di tempat ketiga dengan kontribusi sebesar 15 persen, disusul Terios 11 persen, dan Xenia 8 persen. Pencapaian 554 unit pada Virtual Daihatsu Festival di bulan Juli mengalami kenaikan sebesar 37 persen dibanding hasil pada Juni lalu yang meraih total 404 pemesanan. Semua model Daihatsu mengalami kenaikan, khususnya, Gran Max sebesar 45 persen, Ayla 39 persen, dan Sigra 31 persen dibanding capaian bulan Juni lalu.
Tak hanya penjualan, kenaikan juga terjadi pada sisi jumlah pengunjung. Acara ini tercatat diikuti oleh lebih dari 1.900 viewer. Antusiasme pengunjung juga semakin bertambah ketika Daihatsu menghibur pengunjung lewat acara talkshowdan interactive quiz di program ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi yang baik dari pelanggan terhadap acara Virtual Daihatsu Festival. Kenaikan jumlah penjualan dan pengunjung ini merupakan respon positif terhadap program ini. Kami berharap, Daihatsu dapat tetap dekat dengan pelanggan melalui acara virtual ini,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). (*)