JAKARTA— BMW Indonesia baru saja meluncurkan mobil mewah terbarunya di Indonesia. Adalah duo BMW 740Li Opulence dan 730Li M Sport yang diluncurkan mewakili segmen premium BMW dengan Seri 7 yang memiliki bodi gambot.
Peluncuran sedan mewah BMW terbaru 740Li Opulence dan 730Li M Sport dikatakan oleh Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Rianto sebagai stimulan bagi pasar mobil mewah di Indonesia. Dengan dihadirkannya varian atau model baru, diharapkan pasar dapat terdorong.
“Menurut kami, daripada mempertahankan produk lama, mengeluarkan produk baru akan membuat customer menjadi lebih ada trigger untuk membeli. Model baru akan memeriahkan pasar,” katanya usai peluncuran dua model BMW 740Li Opulence dan 730Li M Sport, seperti dikutip Jawa Pos Jumat 11 Oktober 2019.
Bicara pasar, dirinya mengamini kalau segmen atau pasar mobil premium di Indonesia saat ini sedang stagnan. “Kondisinya kan memang seperti itu, nggak hanya mobil premium sepertinya. Namun untuk mobil premium memang nggak naik, juga nggak turun. Stagnant-lah,” lanjutnya.
Berdasar itu, dirinya bersama BMW berharap dan optimis penjualan mobil di segmen premium akan membaik dan tidak mengalami penurunan. Bayu juga menyebut segmen pasar premium cenderung memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap gejolak seperti misalnya perlambatan ekonomi dibanding dengan segmen pasar lainnya.
Bayu menambahkan bahwa semester pertama 2019 lalu penjualan premium car BMW Indonesia cenderung stabil di saat penjualan mobil pada segmen-segmen lainnya sedang lesu. Hal ini menurutnya disebabkan oleh karakteristik segmen pasar mobil mewah yang diyakini memiliki ketahanan lebih baik dari segi pendapatan dan sebagainya.
Pasar otomotif memang sedang mengalami perlambatan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan mobil periode Januari-Agustus 2019 turun sebesar 13,5 persen dengan angka 660.286 unit. Dibanding dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, tercatat pada periode tersebut terjual sebanyak 763.444 unit.
Untuk BMW, Seri 7 menyumbang sekitar 7-8 persen total penjualan dari seluruh model yang ditawarkan BMW di Indonesia. Angka yang tak besar itu dijelaskannya karena Seri 7 merupakan seri paling mahal dari sedan BMW. “Paling banyak dari model sedan ada Seri 3, kemudian Seri 5 juga lumayan. Selain sedan, Seri X yang merupakan SUV dengan model X1 juga menyumbang banyak,” katanya. (*)