JAKARTA— Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 Tak hanya menampilkan berbagai produk dan teknologi otomotif terbaru. GIIAS 20919 juga mengajak pengunjung untuk ikut membantu dan mendukung kemajuan bangsa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) GIIAS 2019.
Dalam keterangan GAIKINDO, program CSR GIIAS 2019 dijalankan lewat empat kegiatan yang bekerjasama dengan Dompet Dhuafa. Beberapa program CSR itu yakni GIIAS Educare Caring with Dompet Dhuafa, Blood Donation, Education Day, dan CSR Pavilion. Adapun GIIAS Educare Caring with Dompet Dhuafa adalah bentuk perhatian GIIAS terhadap pendidikan teknik otomotif di Indonesia.
Melalui kegiatan ini, anak-anak didik Dompet Dhuafa (DD) yang masih di usia produktif sekolah berkesempatan untuk mendapat pelatihan otomotif secara gratis. Selain GIIAS Educare, GIIAS Education Day juga turut mendukung pendidikan teknik otomotif tanah air. Dalam kegiatan tersebut, generasi muda berkesempatan untuk mendapatkan informasi lebih dalam seputar perkembangan industri dan lapangan pekerjaan di bidang otomotif. Ratusan pelajar Indonesia, terkhusus yang mendalami bidang otomotif, akan diberikan tur yang dibimbing secara langsung oleh para pelaku industri.
“Program ini akan memberikan gambaran tentang profesi dalam industri otomotif kepada siswa, tujuannya agar sepulang dari GIIAS, siswa akan memiliki pengetahuan baru dan memiliki motivasi untuk ikut ambil bagian membesarkan industri otomotif Indonesia,” kata Ketua III GAIKINDO Rizwan Alamsjah yang juga adalah Ketua Penyelenggara pameran GIIAS The Series 2019, seperti dikutip Elshinta.
Sahabat GIIAS juga dapat membantu sesama melalui kegiatan donor darah bertajuk Blood Donation, yang akan diadakan bersama Dompet Dhuafa dan Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari pada 22-23 Juli 2019 di lokasi pameran GIIAS 2019. Pengunjung pameran otomotif kelas dunia tersebut juga dapat berpartisipasi dengan berdonasi di CSR Pavilion, yang booth-nya hadir di Prefunction Hall 5 Gedung Indonesia Convention Exhibition ((ICE) di Bumi Serpong Damai (BSD) City Tangerang (Banten) selama pameran berlangsung. Informasi seputar kegiatan-kegiatan dari program CSR GIIAS 2019 dapat diperoleh di booth CSR Pavilion.
Program CSR GIIAS 2019 menjadi wujud kepedulian sosial GIIAS sebagai ajang yang menginspirasi publik dengan kehadiran teknologi otomotif dan transformasi terkininya menuju masa depan. Ini sejalan dengan keinginan GAIKINDO untuk mengedukasi masyarakat seputar teknologi dan masa depan otomotif melalui GIIAS 2019. “Lewat GIIAS, GAIKINDO ingin memberikan edukasi awal tentang berbagai inovasi dari industri otomotif, sehingga Indonesia siap menyambut perubahan positifnya,” kata Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi.
Pameran GIIAS 2019 digelar pada 18-28 Juli di ICE BSD City. GIIAS 2019 hadir dengan lini kendaraan dan inovasi teknologi otomotif terbaru dari 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, 11 merek sepeda motor, serta lebih dari 300 ekshibitor dari industri pendukung. (*)